Kopi Kenangan Dapat Pendanaan Baru Rp1,6 Triliun

    Annisa ayu artanti - 12 Mei 2020 19:39 WIB
    Kopi Kenangan Dapat Pendanaan Baru Rp1,6 Triliun
    CEO and Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Kopi Kenangan mendapat pendanaan baru senilai USD109 juta atau sekitar Rp1,6 triliun (kurs Rp15 ribu per USD). Pendanaan tersebut masuk melalui pembiayaan Seri B yang dipimpin oleh Sequoia Capital (India).

    Kemudian diikuti oleh investor lainnya seperti B Capital, Horizons Ventures, Verlinvest, Kunlun, dan Sofina, serta investor lamanya Alpha JWC Ventures.
    Co-Founder dan CEO Kopi Kenangan Edward Tirnata mengatakan Kopi Kenangan berencana menggunakan pendanaan tersebut untuk memperkuat operasionalnya di tengah pandemi. Misal meluncurkan produk baru, berinvestasi dalam teknologi untuk melayani pelanggan, serta melindungi karyawan dalam masa tanggap darurat covid-19.

    "Kami beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan melalui perdagangan tanpa kontak dan standar kebersihan yang tidak kenal kompromi di seluruh toko kami. Kesejahteraan karyawan kami adalah prioritas besar dan kami berinvestasi dalam keselamatan mereka," kata Edward dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 12 Mei 2020.

    Saat ini Kopi Kenangan telah mendirikan akademi pelatihan baru untuk para barista dan pekerja di sektor food and beverage. Setidaknya Kopi Kenangan mempekerjakan sebanyak 3.000 orang. Perusahaan berharap dapat membuka outlet baru hingga 500 toko pada akhir 2020.

    "F&B adalah salah satu peluang konsumen terbesar di Asia Tenggara dan Kopi Kenangan telah membangun identitas yang sangat otentik dan menarik di antara jutaan orang Indonesia. Kami menantikan untuk membawa pengalaman menyenangkan yang sama dan produk-produk lezat dalam lebih banyak kategori dan format ketika bisnis berkembang ke pasar yang lebih baru," kata Wakil Presiden, Sequoia Capital (India) Singapura Rohit Agarwal.

    Pendiri Facebook Siap Bergabung di Kopi Kenangan

    Peluang bisnis food and beverage tersebut ditangkap oleh salah satu Co-Founder Facebook Eduardo Saverin. Ia mengaku siap untuk mempercepat pertumbuhan kopi kenangan dan akan bergabung menjadi dewan direksi.

    "Saya berharap dapat bekerja sama dengan Kopi Kenangan dan membangun merek global yang merayakan cita rasa Indonesia dan Asia Tenggara," kata Eduardo.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id