Branding Produk Dongkrak Penjualan UMKM

    Ilham wibowo - 01 Agustus 2020 17:38 WIB
    <i>Branding</i> Produk Dongkrak Penjualan UMKM
    Ilustrasi produk UMKM - - Foto: Medcom/ Eko Nordiansyah
    Jakarta: Ketua Komite Tetap bidang Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Handito Joewono menegaskan branding produk akan meningkatkan penjualan UMKM. Sebab, merek yang menarik cenderung diminati pasar domestik hingga ekspor.

    "Branding enggak hanya sekadar sebagai sebuah gaya-gayaan, zaman sekarang branding itu harus bisa bikin nendang produk atau menghasilkan sesuatu," katanya dalam sebuah webinar, Sabtu, 1 Agustus 2020.

    Ia menjelaskan proses pengembangan produk UMKM bisa dimulai dengan pemenuhan brand awareness. Produk dapat dikenal dengan memanfaatkan pilihan waktu atau warna tertentu yang mudah diingat calon pembeli.

    "Saya masih ingat ekspor perdana UKM melalui PLB E-Commerce tanggal 19 Desember 2019. Tanggal yang bagus dan membuat kita mudah ingat, memang branding membuat mudah diingat," ungkap chief strategy consultant Arrbey ini.

    Selanjutnya, produk UMKM perlu naik ke tahap brand knowledge misalnya dengan memperlihatkan lebih detail kegunaan produk dan target pembeli. Menurut Handito, pengetahuan yang baik pada produk akan menjadikan image atau citra produk tersebut turut meningkat.

    "Oh ada ekspor perdana misalnya, sudah 600 produk yang waktu itu diekspor satu kontainer, nilainya hanya sekitar Rp500 juta dari 100 UKM. Jadi setiap UKM ekspornya rata-rata hanya Rp5 juta doang. Itu brand knowledge dan hasilnya adalah brand image," paparnya.

    Tak cukup itu, pengembang produk UMKM juga harus menyentuh level brand preference. Dengan kata lain, produk tersebut sudah menjadi prioritas konsumen hingga akhirnya berada di level admire.

    "Sekarang branding nggak hanya awareness, knowledge dan image saja tapi harus ke tahap preference dan admire. Paling tidak sampai ke tahap preference dulu, proses branding itu harus membuat orang kepengen beli," ucapnya.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id