Pemerintah Prediksi Indonesia Alami Gelombang Kedua Covid-19

    Husen Miftahudin - 10 Juni 2020 22:31 WIB
    Pemerintah Prediksi Indonesia Alami Gelombang Kedua Covid-19
    Ilustrasi Indonesia akan alami gelombang kedua covid-19 - - Foto: Medcom
    Jakarta: Staf Khusus Menteri Koordinator bidang Perekonomian Reza Yamora Siregar memprediksi gelombang kedua infeksi pandemi virus korona (covid-19) akan terjadi di Indonesia. Kemunculan gelombang kedua tersebut akan tampak pascapelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

    "Gelombang kedua itu kemungkinan besar akan terjadi, probability untuk kejadian itu cukup tinggi," ujar Reza dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu, 10 Juni 2020.

    Reza berkaca pada krisis pandemi yang sebelumnya terjadi, seperti wabah Flu Spanyol yang muncul pada 1918 dan baru berakhir di 1920. Saat wabah Flu Spanyol menyebar ke seluruh dunia, terjadi penularan dalam dua hingga tiga gelombang.

    "Kalau kita belajar pandemic crisis yang sudah-sudah, baik itu di tahun 1800 ataupun 1700, yang namanya pandemic crisis itu tidak setop secara langsung. Bahkan ada yang sampai bertahun-tahun," tuturnya.

    Oleh karenanya, ungkap Reza, pemerintah perlu berhati-hati dalam melonggarkan aktivitas ekonomi melalui pemberlakukan kenormalan baru (new normal) pascapenerapan PSBB. Termasuk mengantisipasi dengan mempertegas penerapan protokol kesehatan di setiap aktivitas perekonomian.

    "Kita harus hati-hati dengan kemungkinan adanya gelombang (kedua). Setiap sektor usaha sebelum mereka dibuka, itu mereka harus menyiapkan protokol (kesehatan). Itu penting sekali," jelas Reza.

    Semua pihak perlu mempertegas penerapan protokol kesehatan. Dalam hal ini, Reza menyebutkan bahwa akan ada bantuan dari TNI/Polri dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan agar dapat mendisiplinkan masyarakat.

    "Bantuan dari berbagai macam elemen untuk meng-enforce (melaksanakan protokol kesehatan) itu juga jalan. Tidak hanya dari sektor usaha, pemerintah tentu saja, pemda tentu saja, tapi juga Polri dan TNI akan membantu. Dalam arti kata supaya terjadi disiplin," pungkas Reza.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id