Pengajuan Izin Produk Pencegahan Covid-19 Melimpah

    Ilham wibowo - 19 Mei 2020 16:43 WIB
    Pengajuan Izin Produk Pencegahan Covid-19 Melimpah
    Ilustrasi wabah pandemi covid-19. Foto : Medcom.
    Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) mendapatkan banyak pengajuan izin edar produk kosmetik dan herbal yang ditujukan untuk pencegahan covid-19. Melimpahnya pengajuan tersebut buntut meningkatnya permintaan dan pelaku industri yang mengubah unit produksi.

    Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM Tepy Usia mengatakan peningkatan pengajuan registrasi izin edar seperti pada produk pembersih tangan berbentuk gel. Meski masuk kategori kosmetik untuk melembabkan kulit, produk tersebut juga memiliki fungsi yang sama dalam membersihkan tangan dari kuman dan virus.

    "Pada saat pandemi covid-19 ini kami menerima notifikasi untuk kosmetik hand gel lebih dari 800 nomor izin edar," kata Tely dalam diskusi MarkPlus Industry Roundtable sektor FMCG di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.

    Tak hanya produk hand gel, Badan POM juga menerima banyak pengajuan izin edar untuk penelitian produk herbal dan vitamin dalam meningkatkan imunitas tubuh yang dipercaya ampuh mencegah tertular covid-19. Tepy memastikan pihaknya berkomitmen mendukung inovasi produk penanganan covid-19 dengan memberikan pendampingan uji klinis sebelum diproduksi massal.

    "Kami menerima uji klinik obat-obat herbal dan kami lakukan pendampingan. Sehingga banyak yang bisa digunakan masyarakat baik memelihara kesehatan, juga mengobati penyakit yang mungkin disebabkan oleh covid-19," paparnya.

    Meski demikian, Tepy menambahkan masyarakat perlu berhati-hati dengan rekomendasi atau iklan sebuah produk yang mengklaim efektif sebagai penawar covid-19. Izin edar produk dari Badan POM tetap perlu diperhatikan agar menjamin kualitas dan manfaat yang ingin didapatkan melalui website resmi di https://cekbpom.pom.go.id.

    "Perlu ketahui produk legal dan ilegal, tentu kita akan konsumsi produk dari perusahaan ternama tapi tidak tertutup kemungkinan ada produk ilegal. Izin edar bisa cek di aplikasi Badan POM untuk bisa langsung cek izin edar produk tersebut," ungkapnya.

    Saat ini, Badan POM telah mengubah fokus pengawasan obat dan makanan terutama di situs penjualan online yang banyak digunakan selama pandemi covid-19. Sistem pengawasan terkini telah dibentuk untuk menghadapi era new normal, next normal dan post normal.

    "Ke depan setelah new normal ini ada sistem lebih efektif untuk pengawasan obat dan makanan. Yang paling penting bertanggung jawab untuk mutu dan keamanan produk adalah pelaku usaha yang membuat produk itu sendiri," ucapnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id