Menkop: Banpres Produktif Cepat Diserap

    Ilham wibowo - 09 September 2020 14:58 WIB
    Menkop: Banpres Produktif Cepat Diserap
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut bahwa program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif sangat diminati pelaku usaha mikro untuk mempertahankan perekonomiannya akibat pandemi covid-19. Pada program ini, dana sebesar Rp2,4 juta disalurkan dalam bentuk hibah.

    "Penyerapan cukup cepat dimanfaatkan pelaku usaha mikro yang saat ini modal mereka sudah tergerus kebutuhan konsumsi keluarga, mereka butuh modal agar usaha berjalan," kata Teten dalam konferensi pers secara virtual usai bertemu Pimpinan KPK, Rabu, 9 September 2020.

    Data terbaru realisasi penyaluran, Banpres Produktif sudah mencapai Rp6,6 triliun untuk hampir enam juta usaha mikro sejak peluncuran pada 24 Agustus 2020. Teten menyebut bahwa proyeksi total jumlah penerima di program ini telah diusulkan bertambah menjadi 15 juta untuk periode 2020.

    "Dalam ratas paripurna terakhir, program ini akan dilanjutkan tahun depan," tuturnya.

    Dalam implementasi penyaluran program ini, Teten juga memperkuat koordinasi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut penting dilakukan agar menjamin transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana Pemerintah yang digunakan di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

    "Kami sadar harus tepat sasaran, dari mulai pendataan kami melibatkan BPKP dan kami juga minta kantor dinas di kabupaten dan kota untuk mendata sebagai salah satu pengusul program ini," ujarnya.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id