Wabah Korona Masuk ke Indonesia

    Arus Peti Kemas di Tanjung Priok Turun 5,13%

    Annisa ayu artanti - 26 Maret 2020 10:15 WIB
    Arus Peti Kemas di Tanjung Priok Turun 5,13%
    Ilustrasi.FOTO: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) mencatat selama Januari-Februari 2020 jumlah peti kemas yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok hanya mencapai 992 ribu TEUs. Jumlah ini turun 53 ribu TEUs dibandingkan dengan throughput Januari-Februari 2019 yang mencapai 1,045 ribu TEUs.

    Direktur Transformasi PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Ogi Rulino mengatakan arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok dalam dua bulan terakhir turun sebanyak 5,13 persen. "Penurunan tersebut merupakan dampak langsung dari merebaknya virus korona, yang awal penyebarannya terjadi di Wuhan, Tiongkok," kata Ogi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 26 Maret 2020.

    Namun demikian, diakui Ogi, kondisi ini bisa dimengerti karena sejak wabah virus korona merebak di Tiongkok pada Desember 2019 produktivitas di sana langsung turun drastis. Tetapi, melihat kondisi Tiongkok berangsur membaik dan pulih sehingga industri sudah kembali bergerak, Ogi optimistis arus peti kemas akan meningkat dalam beberapa bulan ke depan.
     
    Lebih lanjut, Ogi mengatakan, IPC belum merumuskan perubahan target peti kemas di 2020. Menurutnya, pihaknya masih melakukan kajian serta mengamati perkembangan perekonomian global dalam 2-3 bulan ke depan.

    "Terutama situasi di Tiongkok, yang berkontribusi paling besar terhadap jumlah arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok," pungkasnya.
     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id