Sri Mulyani Optimistis Arus Modal Asing Membaik

    Eko Nordiansyah - 04 Maret 2020 12:48 WIB
    Sri Mulyani Optimistis Arus Modal Asing Membaik
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai arus modal asing (inflow) yang masuk ke Indonesia akan membaik. Apalagi setelah bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, menurunkan suku bunganya sebagai antisipasi dampak virus korona terhadap ekonomi.

    "Tentu dengan tekanan suku bunga menurun dari luar, maka capital yang ada menjadi lebih mampu melihat secara lebih realistis opportunity yang ada di negara seperti kita. Karena Indonesia relatif dalam situasi yang lebih positif," kata dia ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Maret 2020.

    Sri Mulyani menilai tren penurunan suku bunga tidak hanya dilakukan di negara maju saja. Bahkan Bank Indonesia (BI) telah lebih dulu menurunkan suku bunga acuan. BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7-Days Repo Rate) diturunkan sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen.

    Tak hanya suku bunga, BI juga menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) Valuta Asing Bank Umum Konvensional dan Syariah dari delapan persen menjadi empat persen dan GWM rupiah sebesar 50 bps mulai berlaku pada 16 Maret 2020. Kebijakan ini diambil sebagai langkah antisipasi dampak virus korona.

    "Kalau secara global tentu baik kalau sekarang bank-bank sentral di seluruh dunia melakukan langkah menurunkan suku bunga. BI juga melakukan relaksasi. Jadi Pak Gubernur (BI) sudah melalukan apa yang ada di dalam instrumen tools-nya di moneter side baik itu penurunan suku bunga, relaksasi GWM," jelas dia.

    BI sebelumnya mencatat aliran modal asing yang keluar dari Indonesia mencapai Rp30,8 triliun sejak awal 2020 terdiri dari SBN Rp26,2 triliun dan saham Rp4,1 triliun. Secara year to date, total outflow di Indonesia mencapai Rp16 triliun yang terdiri dari SBN sebesar Rp11 triliun, saham Rp1,6 triliun dan sisanya korporasi.  



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id