Daftar Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2020

    M Studio - 26 Juni 2020 22:18 WIB
    Daftar Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2020
    Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 diumumkan melalui video conference dengan konsep e-awarding ceremony (Foto:Dok)
    Jakarta: Era kenormalan baru (new normal) menjadi peluang sekaligus titik balik bagi semua sektor bisnis di Tanah Air untuk kembali bangkit setelah terpukul akibat pandemi covid-19. Perilaku konsumen yang berubah, membuat pengelola brand harus terus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen pada era new normal.

    Berdasarkan laporan terbaru We Are Social, pada 2020 terdapat 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Artinya, ada kenaikan sekitar 17 persen atau 25 juta pengguna internet jika dibandingkan tahun sebelumnya. Angka tersebut merupakan 64 persen dari total keseluruhan penduduk Indonesia sebesar 272,1 juta jiwa.

    Bagi para pengelola brand, kondisi new normal harus bisa disiasati dengan baik. Salah satu cara paling efektif adalah dengan membangun brand yang kuat dalam lingkup digital. 

    Dibutuhkan strategi dan penerapan branding yang tepat agar sebuah brand mampu memenangkan kompetisi di tengah persaingan gelombang digitalisasi dan era new normal.

    Sebagai upaya mengakomodir transformasi tersebut, INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai entitas yang kredibel dalam penelitian brand di Tanah Air, serta IMFocus Digimarketing Consultant selaku Certified Google Partner kembali menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020.

    Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 merupakan penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital (internet). 

    Untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19, penghargaan yang mengusung tema Marketing in the New Normal ini diselenggarakan melalui video conference dengan konsep e-awarding ceremony. 

    "Apresiasi ini diberikan bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun top of digital awereness, top of digital search, top of digital traffic serta meningkatkan engagement brandnya melalui media digital atau internet sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya," kata Chief Executive Officer (CEO) TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, Tri Raharjo, dikutip siaran pers, Jumat, 26 Juni.

    Tri meyakini para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 telah beradaptasi dengan baik terhadap era disruptif teknologi saat ini. Mereka dinilai tidak hanya semakin kreatif dalam berpikir dan bertindak, namun juga konsisten dalam upaya mengelola digital brand secara berkesinambungan dalam membangun dan membesarkan mereknya.

    "Dengan kata lain, setiap brand perlu terus bergerak cepat dan lincah mengikuti arah perubahan lingkungan bisnis dalam menyongsong era revolusi industri generasi keempat ini. Karena kemajuan sebuah brand sangat ditentukan oleh bagaimana cara kita untuk mampu adaptif terhadap perkembangan zaman, kemudian menghadirkan brand ke hadapan pelanggan potensial melalui cara yang mudah dan simpel,” tutur Tri.

    Untuk menentukan para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, telah dilakukan Survei Indonesia Digital Popular Brand Index 2020 pada periode November 2019-Januari 2020 kepada 154 kategori produk dan lebih dari 1.131 brand tersurvei di Indonesia melalui tiga parameter penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based.

    Dari hasil survei untuk 154 kategori tersebut, terdapat 10 kategori teratas dalam daftar Top of Digital Search, Top of Digital Awareness, Top of Digital Traffic dan Top of Digital Engagement.

    Untuk daftar Top of Digital Search, kategori Marketplace mendominasi dengan persentase mencapai 60,78 persen. Kemudian disusul oleh kategori Low Cost Carrier 9,66 persen dan Internet Banking dengan persentase 8,77 persen. Sementara kategori Online Transportation menempati urutan keempat dengan persentase 6,26 persen, Marketplace Fashion 5,37 persen, Simcard Prabayar 2,89 persen, Laptop 1,85 persen, Helm 1,56 persen serta kategori Call Center Bank dan Kosmetik dengan masing-masing persentase mencapai 1,47persen dan 1,39 persen.

    Sementara untuk daftar Top of Digital Awareness, Marketplace menempati urutan teratas dengan persentase 32,24 persen, disusul kategori Laptop 19,86 persen di urutan kedua dan kategori Low Cost Carrier di urutan ketiga dengan persentase 12,3 persen. Selanjutnya ada kategori TV LED dengan persentase 10,81 persen, Marketplace Fashion 9,78 persen, Printer 3,79 persen, Tinta Isi Ulang 3,67 persen, Plastic Container Makanan 3,04 persen, Helm 2,27 persen dan kosmetik 2,24 persen.

    Dalam daftar Top of Digital Traffic, Marketplace kembali menempati urutan teratas dengan persentase 52,26 persen. Disusul kategori Internet Banking dan Kartu Prepaid pada urutan kedua dan ketiga dengan masing-masing persentase 12,34 persen dan 7,56 persen. Selanjutnya ada kategori KPR dengan 6,28 persen, Laptop 6,22 persen, Produk Tabungan 3,33 persen, Mobile Banking 3,19 persen, Produk Deposito 3,12 persen, Call Center Bank 2,93 persen dan Online Transportation pada urutan terakhir dengan 2,77 persen.

    Daftar terakhir adalah Top of Digital Engagement dengan urutan pertama di tempati oleh kategori Kosmetik dengan persentase 12,33 persen, sementara Smartphone dan Kopi Bubuk masing-masing di urutan kedua dan ketiga dengan persentase 11,25 persen dan 11,01 persen. Selanjutnya ada kategori Oatmeal dengan persentase 10,32 persen, AC 10,32 persen, Air Minum Dalam Kemasan Beroksigen 10,14 persen, Obat Batuk 10,09 persen, Perusahaan Asuransi 8,56 persen, serta Kursi Kantor dan Sim Card Prabayar dengan masing-masing persentase mencapai 7,99 persen dan 7,99 persen.

    Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara digital dan meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yaitu Campina (kategori Es Krim), Prudential (kategori Perusahaan Asuransi, Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan), Sanken (kategori Mesin Cuci dan Kompor Gas), Bank BNI (kategori Produk Tabungan, Mobile Banking dan Call Center Bank), Caladine (kategori Bedak Kesehatan), Sariayu (kategori Pelembab Wajah, Masker Wajah, Krim Pemutih dan Bedak Muka Padat), FiberStar (kategori Infrastruktur Service Provider).

    Selanjutnya adalah Aice (kategori Es Krim), Bank BTN (kategori KPR), Polytron (kategori TV LED dan Home Theater), Marcks (kategori Bedak Muka Tabur), Richeese Nabati (kategori Wafer), Manulife (kategori Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan), Citicon (kategori Bata/Beton Ringan), Nusaboard (kategori Calcium Silicate Board dan Atap Fiber Cement), Bussan Auto Finance (kategori Leasing Mobil) dan Sharp (kategori Lemari Es, TV LED, AC, Mesin Cuci dan Vacuum Cleaner).

    “Akhirnya, kami ucapkan selamat kepada seluruh peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020. Semoga apresiasi ini dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi pelaku brand digital di Tanah Air,” ujar Tri.


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id