Penanganan Covid-19

    Tenaga Medis di Malang-Pasuruan Dilatih Operasikan Mesin PCR

    Eko Nordiansyah - 07 Agustus 2020 21:45 WIB
    Tenaga Medis di Malang-Pasuruan Dilatih Operasikan Mesin PCR
    Sampoerna kembali memberikan bantuan untuk penanganan covid-19 - - Foto: Istimewa
    Jakarta: PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) kembali memberikan bantuan untuk penanganan covid-19 berupa mesin berteknologi reaksi rantai polimerase atau PCR bagi para tenaga medis di Kabupaten Pasuruan dan Kota Malang, Jawa Timur. Bantuan ini diharapkan mempercepat kapasitas pengujian sampel covid-19 masyarakat di Malang dan Pasuruan.

    Direktur Sampoerna Elvira Lianita mengatakan Sampoerna akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk memberikan pelatihan kepada tenaga medis di Kabupaten Pasuruan dan Kota Malang agar mereka dapat segera mengoperasikan alat ini.

    "Dengan bantuan mesin PCR ini dapat mempercepat deteksi virus korona baru yang memicu covid-19 sekaligus turut membantu Pemkab Pasuruan dan Pemkot Malang dalam melakukan penelusuran (tracing) warga yang diduga terpapar. Mesin PCR  ini mampu memeriksa 64 spesimen covid-19 per jam," katanya dalam keterangan resmi, Jumat, 7 Agustus 2020.
     
    Elvira menambahkan komitmen berkelanjutan Sampoerna untuk mendukung Pemkab Pasuruan dan Pemkot Malang dalam mengurangi penyebaran covid-19 diwujudkan dengan turut mensosialisasikan serta memastikan fasilitas produksi Sampoerna di Sukorejo dan Malang menerapkan kebiasaan baru mulai dari metode jaga jarak (physical distancing), penggunaan masker, hingga mencuci tangan kepada para karyawannya. Tak hanya itu, Sampoerna juga menyediakan hand sanitizer di setiap sudut fasilitas produksi.

    Bantuan mesin PCR dan juga ratusan alat pelindung diri (APD) ini diterima oleh Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf dan Wali Kota Malang Sutiadji secara terpisah melalui Yayasan Stapa Center, mitra tanggung jawab sosial perusahaan Sampoerna. Kedua kepala daerah tersebut memberikan apresiasi atas bantuan yang bertujuan untuk mempercepat proses deteksi warga yang diduga terpapar covid-19.
     
    "Ini adalah bantuan yang saya tunggu-tunggu. Selama ini Pemerintah Kota Malang menghadapi tantangan dalam melakukan proses deteksi Covid-19. Sebelum adanya bantuan mesin PCR, proses deteksi hingga hasil dapat memakan waktu hingga lebih dari dua pekan," ujar Sutiadji.
     
    Sementara itu, Bupati Irsyad mengajak perusahaan lain yang berada di Pasuruan untuk mencontoh langkah Sampoerna yang tergerak untuk membantu percepatan penanganan covid-19 di kabupaten berpenduduk 1,6 juta jiwa tersebut.
     
    "Saya ajak perusahaan melalui CSR untuk bisa membantu percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Sama-sama kita bergerak untuk menuntaskan covid-19 secara bersama-sama," ungkap Gus Irsyad.
     
    Secara total, Sampoerna akan menyerahkan tujuh mesin PCR beserta kelengkapanya. Empat di antaranya telah disampaikan ke Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Surabaya, Kota Malang, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, bantuan serupa akan diberikan kepada Jawa Barat dan Kabupaten Karawang, serta Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya. 

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id