comscore

TIIWG G20 Jadi Momen Kerja Sama Penerapan Industri 4.0

Husen Miftahudin - 23 Maret 2022 18:55 WIB
TIIWG G20 Jadi Momen Kerja Sama Penerapan Industri 4.0
Ilustrasi rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia - - Foto: dokumentasi Panitia Presidensi G20 Indonesia
Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut forum Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) pada Presidensi G20 Indonesia menjadi momen kerja sama dalam penerapan industri 4.0.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto mengemukakan, industri 4.0 menjadi isu penting yang akan dibahas dari enam isu prioritas di TIIWG. Terlebih, digitalisasi telah menghasilkan sistem produksi dan perdagangan generasi baru.
"Misalnya, e-commerce telah mengurangi biaya dalam perdagangan internasional, serta menghubungkan lebih banyak usaha kecil dan konsumen secara global," ujar Eko dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 23 Maret 2022.

Oleh karena itu, sebutnya, kebijakan industri di masa ini harus memperhitungkan perdagangan digital modern dan adopsi teknologi digital pada industri. "Dampak digitalisasi pada perdagangan dan industri tidak dapat dianggap terpisah," tuturnya.

Eko menjelaskan, transformasi digital di sektor manufaktur umumnya berupa manajemen, bisnis, dan model produksi yang baru untuk memfasilitasi inovasi dan pengenalan produk baru. Big Data, Cloud Computing, dan Artificial Intelligence tidak lagi menjadi domain eksklusif perusahaan teknologi saja.

Sektor ekonomi tradisional juga sudah memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing produksinya. Sehingga, masa depan pertumbuhan di era industri 4.0 ini akan bergantung pada tingkat penyerapan teknologi tersebut dan penerapannya pada industri.

"Sayangnya, manfaat perubahan teknologi dan digitalisasi cenderung tidak merata dan hanya dimanfaatkan antarperusahaan di dalam suatu negara," tutur dia.

Di bawah Presidensi G20 Indonesia 2022, TIIWG G20 memusatkan perhatiannya pada perlunya pendekatan terintegrasi untuk memajukan industri  4.0, serta memfasilitasi pendekatan inovasi dan transformasi digital untuk industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Pendekatan ini melibatkan pemangku kepentingan dalam proses transformasi industri 4.0 dan bertujuan untuk mewujudkan ekosistem industri 4.0," ungkap Eko.

Menurutnya, kerja sama internasional akan menjadi salah satu kunci dalam mengatasi tantangan ini, transformasi industri 4.0 dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"TIIWG G20 membuka peluang pembangunan ekosistem yang mendukung percepatan industri 4.0 di tingkat domestik maupun internasional serta pemulihan covid-19 yang kuat dan inklusif," imbuhnya.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id