comscore

Pemerintah Diminta Beri Subsidi ke Industri yang Pakai EBT

Despian Nurhidayat - 20 Mei 2022 14:29 WIB
Pemerintah Diminta Beri Subsidi ke Industri yang Pakai EBT
Ilustrasi energi terbarukan - - Foto: Medcom
Jakarta: Pemerintah diminta memberikan subsidi kepada industri yang menerapkan energi terbarukan dan menghentikan subsidi untuk energi fosil.

"Jadi energi fosil itu harusnya secara ekstrem tidak diberikan subsidi karena kan merusak lingkungan. Jangan sampai kita berikan subsidi tapi kepada energi yang justru merusak lingkungan," ucap Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, Jumat, 20 Mei 2022.
Menurutnya, RUU EBT harus mengatur insentif yang signifikan bagi energi terbarukan. Selain itu, jika nantinya akan disebarkan kepada masyarakat, energi terbarukan harus memiliki keterjangkauan harga bagi masyarakat.

"Kami melakukan survei kepada masyarakat dan rata-rata mereka tidak tahu bahwa listrik yang mereka gunakan itu merupakan energi fosil. Masyarakat itu mau menggunakan energi terbarukan dengan syarat harganya terjangkau. Pada prinsipnya, energi apapun itu harus punya prinsip aksesibilitas, kualitas dan keterjangkauan untuk masyarakat," sambungnya.

Sementara itu, Juru Bicara Bersihkan Indonesia (BI) Ahmad Ashov Birry merasa RUU EBT masih memiliki beberapa unsur yang tidak mendukung SDGs. Dia mencontohkan adanya teknologi gasifikasi batu bara yang pada akhirnya tidak memiliki perubahan dengan sebelumnya.

"Gasifikasi atau pencairan batu bara ini pada akhirnya akan membutuhkan energi yang intinya akan sama saja. Harusnya pemerintah membantu industri untuk waktunya kita berpindah," tegas Ashov.


Terkait RUU EBT Di lain pihak, Sekretaris Jenderal Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Mike Verawati Tangka mendorong agar RUU EBT ini tidak hanya sekadar memasang embel-embel kesetaraan gender saja, tapi juga ada bentuk nyata dan implementasi dari kesetaraan gender.
 
"Tidak hanya sekadar wording saja, tapi harapannya gender equality dan sosial inklusi dapat menjadi kerangka di dalam menjalankan UU EBT nanti, sehingga masyarakat itu juga dilibatkan mulai dari hulu ke hilir," ujar Mike.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id