comscore

Terpopuler Ekonomi: Pembiayaan UMi hingga Bank Sentral Inggris Bikin Investor Terkejut

Nia Deviyana - 19 Desember 2021 10:33 WIB
Terpopuler Ekonomi: Pembiayaan UMi hingga Bank Sentral Inggris Bikin Investor Terkejut
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Berita-berita terpopuler di kanal ekonomi Medcom.id pada Sabtu, 18 Desember 2021 didominasi dari dalam negeri. Berita paling populer yaitu terkait penyaluran pembiayaan ultra mikro yang telah menyasar 5,37 juta pelaku usaha.

Masih ada empat berita lainnya yang masuk topik terpopuler. Berikut rangkumannya:

1. Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro Capai Rp17,99 Triliun ke 5,37 Juta Pelaku Usaha


Kementerian Keuangan mencatat secara kumulatif pembiayaan Ultra Mikro (UMi) telah melayani 5,37 juta pelaku usaha ultra mikro dengan nilai penyaluran lebih dari Rp17,99 triliun sejak digulirkan pada 2017 sampai dengan 15 Desember 2021. Program ini juga telah menjangkau 503 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

 



Baca berita selengkapnya di sini.

2. Bank Sentral Inggris Bikin Investor Terkejut, Akhirnya Naikkan Suku Bunga


Bank of England (BOE) atau Bank Sentral Inggris secara mengejutkan menaikkan suku bunga untuk mengatasi inflasi di negara tersebut.
 
Melansir Xinhua, Sabtu, 18 Desember 2021, Bank of England menjadi bank sentral besar pertama yang menaikkan suku bunga sejak pandemi covid-19 dimulai.
 
Baca berita selengkapnya di sini.

3. Holding BUMN Jasa Survei Resmi Terbentuk, Ini Namanya


Pemerintah resmi membentuk Holding BUMN Jasa Survei melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2021 dengan melakukan inbreng saham PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia ke PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). Dengan langkah tersebut, pemerintah dapat mengoptimalkan layanan jasa survei di Indonesia dan dunia.
 
Ketiga BUMN Jasa Survei ini mulai beroperasi bersama, salah satunya ditandai dengan memanfaatkan aset bersama seperti laboratorium, integrasi infrastrukur, peralatan, sumber daya manusia, dan aset lainnya untuk meningkatkan layanan jasa pengujian, inspeksi, sertifikasi, klasifikasi, dan statutori di dalam negeri dan luar negeri.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Waspadai Omicron, Pemerintah Tingkatkan Fasilitas Layanan Kesehatan di RS Rujukan


Pemerintah mendorong sinergi dan koordinasi dengan seluruh stakeholders terkait, baik TNI/Polri, swasta, maupun masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19. Meski kasus konfirmasi harian covid-19 baik di wilayah Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali saat ini cenderung menurun, namun kondisi ini tetap perlu diwaspadai.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Sri Mulyani: APBN Bantu Pelaku Usaha Kecil Lewat Pembiayaan UMi


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan uang yang digunakan untuk pembiayaan dan memberikan manfaat kepada pelaku usaha ultra mikro (UMi) berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tak hanya pembiayaan, pemerintah juga memberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan usahanya.
 
Sri Mulyani mengatakan, pemerintah dalam hal ini Badan Layanan Umum (BLU-PIP) melalui program pembiayaan UMi terus mencoba untuk memberikan bantuan pembiayaan kepada para pelaku usaha kecil menengah yang mungkin selama ini belum bisa mendapatkan akses pendanaan dari perbankan.

Baca berita selengkapnya di sini.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id