387 Ribu Alumni Jadi Wirausaha, Keberhasilan Kartu Prakerja Perlu Dilanjutkan

    Annisa ayu artanti - 16 April 2021 11:11 WIB
    387 Ribu Alumni Jadi Wirausaha, Keberhasilan Kartu Prakerja Perlu Dilanjutkan
    Ilustrasi program kartu prakerja - - Foto: dok Antara



    Jakarta: Ekonom Center of Reform of Economics (CORE) Yusuf Rendi Manilet menilai keberhasilan program kartu prakerja perlu dilanjutkan demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

    Sebab, terdapat dua manfaat yang diterima peserta yakni, pelatihan keterampilan dan bantuan tunai. Hal tersebut menjadi kunci berhasilnya program bantuan tersebut. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sebanyak 88,9 persen peserta mengaku mengalami peningkatan keahlian yang dibutuhkan dalam dunia usaha.






    “Jadi dari ukuran ini sebenarnya program ini berhasil menjadi salah satu program pemerintah yang mendorong proses pemulihan ekonomi di tahun lalu. Saya kira jika tahun ini dilanjutkan juga akan ikut mendorong proses pemulihan ekonomi,” kata Yusuf kepada wartawan, Jumat, 16 April 2021.

    Karenanya, program tersebut tak layak dihapuskan lantaran dapat berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Apalagi saat ini ada 387.234 alumni kartu prakerja yang menjadi wirausaha.


    Dari survei Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Pekerja kepada 4,7 juta peserta, sebanyak 17 persen berubah status dari tidak bekerja menjadi wirausaha.

    “Terlepas dari kontroversinya saya kira kurang tepat kalau program ini dihentikan apalagi dari konteks upaya pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi,” terang dia.

    Menurutnya penambahan jenis pelatihan yang ditawarkan dan proses verifikasi penerima perlu diperbaiki agar lebih tepat sasaran.

    “Setidaknya minimal evaluasi dari bantuan ini bisa dilihat 2-3 tahun dari program ini berjalan. Apakah misalnya pengangguran di Indonesia akan mengalami penurunan,” pungkas dia.

    Adapun pemerintah menyediakan akses permodalan bagi para alumni program kartu prakerja yang telah menyelesaikan pelatihannya. Bagi mereka yang berminat untuk memulai usaha, pemerintah kini memfasilitasi akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi mereka.
     
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan akses KUR kepada para alumni kartu prakerja dimaksudkan untuk mempermudah akses permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.
     
    "Ini perlu ditindaklanjuti dengan permodalan yang disiapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, para lulusan dari kartu prakerja bisa ditawarkan untuk kredit usaha rakyat super mikro," katanya dalam webinar 'Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR', Kamis, 8 April 2021.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id