Sri Mulyani Nilai Pesantren Bantu Pemberdayaan Ekonomi Nasional

    Eko Nordiansyah - 22 Oktober 2020 13:20 WIB
    Sri Mulyani Nilai Pesantren Bantu Pemberdayaan Ekonomi Nasional
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai pesantren memiliki peran penting dalam membantu pemberdayaan ekonomi nasional. Salah satunya adalah dengan perluasan dan penguatan jaring layanan keuangan syariah berbasis pesantren.

    Pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) mendorong berdirinya Unit Layanan Keuangan Syariah (ULKS) di berbagai pesantren. Keberadaan ULKS diharapkan membantu akses layanan keuangan bagi masyarakat sekitar pesantren.

    "Melalui ULKS pesantren diharapkan layanan keuangan syariah kian dekat dan mudah diakses masyarakat di sekitar pesantren," kata dia dalam webinar ISEF dalam rangka Hari Santri Nasional di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Ia menambahkan program ULKS sendiri akan melengkapi keberadaan Bank Wakaf Mikro (BWM) dan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) yang sudah lebih dulu di kembangan di pesantren. Pemerintah juga mengembangkan berbagai program termasuk UKM koperasi.

    "KNEKS juga mengembangkan kapasitas dan kualitas UMKM di dalam lokasi pesantren dan masyarakat sekitar pesantren. Upaya yang dilakukan melalui kegiatan bimbingan teknis usaha, dan penyediaan directory pembiayaan syariah untuk UMKM, dukungan dan fasilitas UMKM berkompetisi secara global melalui ekspor dan terwujudnya UMKM dalam mendapat sertifikasi halal bagi yang membutuhkan," jelas dia.

    Selain itu, pemerintah juga mendorong penerapan digitalisasi UMKM dari pesantren dan masyarakat sekitar pesantren. Melalui kolaborasi ini, diharapkan peran santri dan pesantren dalam mengakselerasi perekonomian rakyat bisa dicapai.

    "Saya berharap santri dan pesantren menjadi sumber inspirasi terhadap daya tahan dan daya mampu berkreasi dalam cobaan covid-19. Ini salah satu wujud jihad dalam memberdayakan dan meningkatkan kapasitas perekonomian kita," ungkapnya.

    "Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi masyarakat lain. Saya menaruh harapan besar bagi santri dan pesantren di seluruh Indonesia untuk mampu menjalankan peran penting sebagai sentra atau hub kegiatan ekonomi kerakyatan dan motor penggerak ekonomi masyarakat sekitar," pungkas dia.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id