RI Minta Perlindungan bagi ABK Indonesia di Kapal Tiongkok

    Suci Sedya Utami - 03 April 2021 10:46 WIB
    RI Minta Perlindungan bagi ABK Indonesia di Kapal Tiongkok
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi - - Foto: dok Kemenlu



    Jakarta: Pemerintah Indonesia meminta Tiongkok memberikan perlindungan lebih besar bagi anak buah kapal (ABK) Indonesia. Hal ini seiring banyaknya kasus kekerasan yang kerap menimpa ABK Indonesia di kapal berbendera Tiongkok.

    Retno mengatakan Tiongkok akan menugaskan working level untuk melihat kemungkinan kerja sama yang diusulkan Indonesia. Selama ini kerja sama kedua negara termasuk repatriasi atau skema pemulangan ABK ke negara asal.

     



    "Indonesia lebih jauh mengusulkan kiranya dapat dibuat sebuah mekanisme pengaturan penempatan ABK WNI di kapal ikan Tiongkok yang lebih terstruktur dan dapat diverifikasi oleh dua otoritas pemerintah, sehingga akan memudahkan perlindungan bagi ABK Indonesia," kata Retno dalam konferensi pers daring, Jumat, 2 April 2021.

    Sepanjang 2020, tercatat 692 ABK Indonesia yang mengalami masalah di 115 kapal ikan milik warga negara Tiongkok. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menangani kasus tersebut. Mulai dari koordinasi bilateral hingga koordinasi multilateral.

    "Selain meminta penyelesaian kasus yang sedang dihadapi dengan segera, Indonesia juga meminta pemerintah RRT melakukan lebih ketat terhadap perusahaan kapal, terhadap situasi kerja para ABK, sehingga berbagai masalah tersebut tidak terulang lagi," ujar Retno.

    Ia menambahkan, dari berbagai upaya tersebut  pemerintah berhasil memulangkan 589 ABK dari 98 kapal ikan. "Hingga Desember 2020 telah berhasil dipulangkan 589 ABK dari 98 kapal ikan, termasuk pemulangan secara langsung melalui jalur laut sejumlah 163 ABK," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id