Begini Penampakan Si Komodo, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

    Sri Yanti Nainggolan - 31 Oktober 2021 13:11 WIB
    Begini Penampakan Si Komodo, Kereta Cepat Jakarta-Bandung
    Penampakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Si Komodo. Foto: Instagram @keretacepat_id



    Jakarta: PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memamerkan bentuk rangkaian (trainset) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Kereta cepat itu dinamai Si Komodo. 

    "Telah jadi 1 (satu) trainset CR400AF yang dibuat khusus dengan spesifikasi interior dan eksterior Kereta Cepat Jakarta-Bandung," tulis akun Instagram resmi KCIC @keretacepat_id, Sabtu, 30 Oktober 2021. 

     



    Disebutkan bahwa desain ini untuk Electric Multiple Unit (EMU) KCJB yang akan melaju dari Stasiun Halim, Jakarta, ke Stasiun Tegalluar, Bandung. 

    Baca: Kereta Cepat Dinilai Bisa Pacu Ekspansi Bisnis di Indonesia

    Sebagai informasi, kereta CR400AF dikenal dengan sebutan Red Dolphin karena eksterior kereta berwarna merah dengan berlatar silver. Namun, ada ciri khas pada EMU KCJB. 

    "Berangkat dari siluet kereta yang mirip dengan salah satu fauna khas Indonesia dari zaman prasejarah, Komodo, EMU KCJB CR400AF memiliki desain eksterior yang terinspirasi dari sisik Komodo yang tercerminkan dalam corak segitiga, Sobat," terang akun tersebut. 

    "Semoga seluruh proses manufaktur EMU KCJB berjalan sesuai rencana, dan trainset-trainset EMU KCJB ini dapat dengan lancar, tiba di tanah air di pertengahan tahun mendatang," tutup keterangan foto. 

    Penampakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Si Komodo. Foto: Instagram @keretacepat_id
    Penampakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Si Komodo. Foto: Instagram @keretacepat_id

    Seperti diketahui, pada fase pengoperasian awal yang ditargetkan di akhir 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menempuh trase sepanjang 142,3 kilometer. Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan melintasi sembilan kota dan kabupaten di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. 

    Stasiun keberangkatan sekaligus kedatangan kereta cepat berada di wilayah Jakarta, yakni melalui Stasiun Halim. Komodo kemudian melintasi Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan berakhir di Stasiun Tegalluar.

    Didukung dengan keberadaan Depo di Tegalluar sebagai tempat perawatan dan pemeriksaan EMU, kereta berjenis CR400AF merupakan kunci konektivitas dan efisiensi yang melebur batas geografis Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. CR400AF memiliki kecepatan desain maksimum hingga 400 km per jam dan kecepatan operasi maksimum 350 km per jam. 

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id