Vaksinasi Penumpang Pesawat di Bandara AP II Tembus 40 Ribu

    Suci Sedya Utami - 24 Juli 2021 12:51 WIB
    Vaksinasi Penumpang Pesawat di Bandara AP II Tembus 40 Ribu
    Ilustrasi pemeriksaan kelengkapan dokumen penerbangan di bandara - - Foto: Medcom/ Hendrik



    Jakarta: Jumlah penumpang pesawat yang melakukan vaksinasi covid-19 gratis di bandara-bandara PT Angkasa Pura II (Persero) tembus 40 ribu orang pada periode 3-22 Juli 2021. Sejak sentra vaksinasi dibuka resmi 3 Juli, jumlah vakinasi terbanyak ada di Bandara Soekarno-Hatta yakni 26 ribu orang. 

    Sentra vaksinasi di bandara-bandara AP II dikelola secara profesional dengan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan, Pemprov, Pemda, maskapai, TNI/Polri, dan berbagai institusi lainnya, sehingga dapat dengan lancar menjalankan program vaksinasi ini.

     



    Pelaksanaan vaksinasi di Terminal 3 Bandara Soetta juga ditinjau langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Jumat, 23 Juli 2021. "Kolaborasi berbagai pihak seperti ini yang dibutuhkan untuk mendukung program vaksinasi nasional," ujar Budi dalam keterangan resmi, Sabtu, 24 Juli 2021.

    Program vaksinasi di bandara ini digelar pada 12-25 Juli 2021 untuk dosis pertama vaksinasi covid-19 dan dibuka gratis bagi masyarakat umum kelompok usia 18 tahun ke atas hingga lansia. Ditargetkan jumlah penerima vaksin dalam program kolaborasi Kemenkes, Traveloka dan AP II ini mencapai 14 ribu orang pada 12-25 Juli.

    Budi mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi di seluruh bandara AP II termasuk juga Bandara Soetta yang dikelola baik dengan memanfaatkan dukungan teknologi. Menanggapi hal tersebut Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan teknologi informasi sangat membantu operasional sentra vaksinasi di Bandara Soetta.
     
    "Sentra vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta dibuka untuk melayani jadwal penerbangan yang ada selama 24 jam, dan hingga kini telah melayani vaksinasi terhadap puluhan ribu orang. Operasional sentra vaksinasi ini tidak bisa lagi dilakukan secara manual, tetapi dibutuhkan penerapan teknologi informasi untuk membuat operasional dan layanan berjalan lancar," ujar Awaluddin.

    Ia bilang melalui penerapan teknologi informasi, pihaknya membuat dashboard monitoring real time layanan vaksinasi di Soetta untuk melihat langsung jumlah orang yang melakukan registrasi, jumlah orang yang sudah melakukan observasi, dan informasi lainnya sehingga kami juga dapat menjaga layanan dengan memperhatikan ketersediaan vaksinasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan.
     
    AP II akan terus membuka sentra vaksinasi untuk mendukung calon penumpang pesawat dapat memenuhi protokol kesehatan yang berlaku saat ini. Sentra vaksinasi AP II juga diharapkan dapat mendukung percepatan program vaksinasi nasional guna mewujudkan kekebalan komunal (herd community) di tengah pandemi covid-19.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id