Suntikan Modal Pemerintah ke 12 BUMN untuk Jalankan Penugasan Negara

    Annisa ayu artanti - 08 Juli 2021 17:37 WIB
    Suntikan Modal Pemerintah ke 12 BUMN untuk Jalankan Penugasan Negara
    Ilustrasi. Foto: Antara/ Indiranto Eko



    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan suntikan modal melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada perusahaan pelat merah akan difokuskan untuk menjalankan penugasan dari pemerintah.

    Adapun jika dibandingkan antara alokasi dana PMN dengan kontribusi BUMN kepada negara, menurut Erick, nilai alokasi PMN yang diberikan jauh lebih kecil.

     



    "Kalau kita lihat, dalam sepuluh tahun terakhir, BUMN berkontribusi sebesar Rp3.295 triliun yang terdiri atas pajak sebesar Rp1.872 triliun, PNBP sebesar Rp1.035 triliun, dan dividen sebesar Rp 388 triliun. Kita bandingkan dengan PMN yang diberikan adalah empat persen atau Rp147 triliun dari 2011-2020," ujar Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR-RI, Kamis, 8 Juli 2021.

    Erick juga menyebutkan suntikan PMN dan dividen pada periode 2020 hingga 2024 relatif seimbang. Hampir 81 persen PMN digunakan untuk melaksanakan penugasan pemerintah dan 6,9 persen untuk restrukturisasi.

    Untuk 2022, Erick mengusulkan PMN sebesar Rp72,449 triliun untuk 12 perusahaan pelat merah. Mayoritas digunakan untuk mengerjakan proyek penugasan pemerintah dan sebagian lagi untuk restrukturisasi keuangan perusahaan.

    Lebih lanjut mengenai dividen, lanjut Erick, pihaknya menargetkan dividen tahun ini akan mencapai Rp30 triliun atau Rp 35 triliun. Sedangkan tahun depan sebesar Rp40 triliun.

    "Tahun ini insyaAllah peningkatan Rp30 triliun-Rp35 triliun. Ini belum fix tapi kita upayakan dan kami berupaya dengan sekuat tenaga, tentu dengan kondisi pandemi tetap kita akan berikan dividen tahun depan paling tidak sama dengan target tahun sebelumnya yaitu Rp40 triliun," pungkasnya.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id