Kejar Target 4 Juta Pelanggan, BPH Migas-PGN Uji Pasar Produk GasKita

    Suci Sedya Utami - 22 September 2021 11:00 WIB
    Kejar Target 4 Juta Pelanggan, BPH Migas-PGN Uji Pasar Produk GasKita
    Ilustrasi jaringan gas bumi. Foto: Kementerian ESDM



    Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) bersama Perusahaan Gas Negara (PGN) melakukan Uji Pasar Produk GasKita Program PGN Sayang Ibu yang diselenggarakan di Malaka Sari, Jakarta Timur.

    Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan target Satu Juta Sambungan Rumah (SR) per tahun sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yakni direncanakan terdapat lebih dari empat juta SR sampai dengan 2024.

     



    "Acara di Malaka ini merupakan bagian dari upaya pencapaian target jargas rumah tangga empat juta pelanggan," kata Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, dikutip Rabu, 22 September 2021.

    Di Jakarta terdapat 15.479 SR calon pelanggan gas bumi rumah tangga dengan nama brand produk GasKita. Sedangkan di Tangerang sebanyak 37.929 calon pelanggan. Produk GasKita ini ditawarkan kepada calon pelanggan dengan harga Rp10 ribu per meter kubik.

    Erika mengatakan, dalam penentukan harga pihaknya memperhatikan berbagai aspek. Pertama dari sisi pemerintah, menjamin ketersediaan serta jangkauan dari gas bumi itu sendiri. Kedua, dari sisi badan usaha sebagai badan usaha kan tentunya harus tetap untung.

    "Tapi tentu saja kita akan menjaga keuntungannya itu masih dalam batas wajar. Kemudian juga tentunya kepentingan dari masyarakat," ucap Erika.

    PGN selaku sub-holding gas PT Pertamina (Persero) akan menyusun roadmap tambahan pelanggan jargas mulai 2022. PGN menargetkan dapat membangun satu juta sambungan jargas rumah tangga.

    Pencapaian target tersebut dapat memberikan manfaat yaitu mengurangi impor LPG sebesar 144 ribu ton per tahun, potensi penyerapan tenaga karja sebanyak 83 ribu tenaga kerja, pemanfaatan TKDN hingga 70 persen, penghematan atas pemanfaatan gas bumi rumah tangga lebih dari Rp100 miliar per tahun, serta mendukung pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan daya saing dan daya beli masyarakat.

    "Uji pasar Program PGN Sayang Ibu Gaskita di Jakarta ini merupakan salah satu pola pembangunan jargas yang dapat di copy paste di wilayah lain di Indonesia. PGN siap bekerja sama dengan berbagai pihak dalam proses pembangunan jargas dan mencapai target pemerintah," jelas Direktur Utama PGN, M. Haryo Yunianto.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id