Sri Mulyani Siapkan Rp3,58 Triliun untuk Bantuan Beras Selama PPKM Darurat

    Eko Nordiansyah - 18 Juli 2021 09:33 WIB
    Sri Mulyani Siapkan Rp3,58 Triliun untuk Bantuan Beras Selama PPKM Darurat
    Beras. Foto : MI.



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menyiapkan anggaran sebesar Rp3,58 triliun untuk bantuan beras kepada masyarakat selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diberlakukan sejak awal bulan ini.

    Sri Mulyani menjelaskan sebanyak 28,8 juta keluarga akan menerima bantuan beras Bulog sebesar 10 kilogram (kg) per keluarga. Penerimanya berasal dari 10 juta keluarga penerima bantuan sosial tunai ditambah 18,8 juta keluarga penerima kartu sembako.

     



    "10 kg per keluarga ini akan diberikan beras yang berasal dari Bulog, berarti dengan anggaran yang kita sediakan sebesar Rp3,58 triliun," kata Sri Mulyani dalam video conference di Jakarta, Sabtu malam, 17 Juli 2021.

    Ia menambahkan pemerintah akan menggelontorkan sebanyak 250 ribu ton beras Bulog untuk program ini. Sri Mulyani berharap adanya bantuan beras ini bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah penerapan PPKM Darurat di sejumlah daerah.

    Selain menerima bantuan beras, pemerintah juga akan memberikan tambahan bantuan bagi pemegang kartu sembako. Rencananya, 18,8 juta keluarga penerima manfaat program ini akan menerima tambahan bantuan Rp200 ribu per bulan untuk Juli dan Agustus.

    "Untuk kartu sembako akan ditambahkan dua bulan ekstra di bulan Juli-Agustus ini, sehingga mereka akan dapat Rp200 ribu plus Rp200 ribu, Rp400 ribu bagi keluarga pemegang kartu sembako anggarannya disediakan Rp7,52 triliun," ungkapnya.

    Dengan adanya tambahan ini maka penerima kartu sembako akan menerima bantuan untuk 14 bulan selama setahun ini. Pemerintah juga akan meminta Menteri Sosial Tri Rismaharini menggenjot penerima kartu sembako dari sekarang baru sekitar 15 juta penerima.

    "Nanti Bu Mensos karena tadi realisasi kartu sembako masih jauh dibawah 18 juta jadi Bu Mensos mendapat tambahan selain tadi jumlahnya masih kurang dari 18 juta ditambah dengan Rp7,52 triliun untuk dua bulan ekstra bagi keluarga pemegang kartu sembako," pungkas dia.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id