Ringankan Beban Masyarakat, Pegawai OJK Kumpulkan Bantuan Senilai Rp2,6 Miliar

    Husen Miftahudin - 22 Juli 2021 11:34 WIB
    Ringankan Beban Masyarakat, Pegawai OJK Kumpulkan Bantuan Senilai Rp2,6 Miliar
    Ilustrasi gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) - - Foto: MI/ Ramdani



    Jakarta: Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumpulkan dana bantuan sosial bagi masyarakat, pegawai outsourcing, dan pegawai level terendah yang terdampak covid-19. Dana yang terkumpul mencapai Rp2,6 miliar.

    "Bantuan tersebut antara lain pembagian sembako, alat-alat kesehatan, serta pembagian daging hewan kurban perayaan Iduladha ke berbagai daerah," ucap Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Khusus untuk hewan kurban, pegawai OJK membagikan 233 sapi dan 332 kambing atau domba yang antara lain diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan di Kalimantan Selatan.

    Wimboh mengungkapkan, penyembelihan dan pembagian kurban diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak dari pandemi covid-19 dan menjadi bagian dari kegiatan sosial yang telah dilakukan OJK dan pegawainya selama ini.

    "Kurban ini diharapkan bisa membawa manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan, begitu pula kegiatan sosial lain yang kita selenggarakan. Kita akan memperbanyak kegiatan sosial OJK ini untuk kita semakin berbagi kepada masyarakat," tuturnya.

    Untuk membantu masyarakat khususnya yang terdampak pandemi, pegawai OJK bekerja sama dengan industri jasa keuangan juga menghimpun dan menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk sembako, obat-obatan, dan dana kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya di sekitar kantor OJK di Jakarta dan 34 kantor regional.

    Selain itu, aksi sosial OJK juga dilakukan di Yogyakarta dengan pemberian bantuan untuk penanganan covid-19. Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta Parjiman menyampaikan bantuan tersebut kepada Ketua Gerakan Kemanusiaan yang tergabung dalam Komunitas Sambatan Jogja (Sonjo) Rimawan.

    Bantuan senilai Rp150 juta yang merupakan donasi bersama industri jasa keuangan dan OJK dalam Program Peduli Bencana akan diberikan dalam bentuk pakaian Alat Pelindung Diri (APD), wearpack, vitamin, kasur, serta kebutuhan lain yang diperlukan untuk tempat perlindungan bagi masyarakat yang terpapar covid-19 dan juga untuk mendukung program trace-test-isolate di desa/kelurahan yang terdampak covid-19 di DIY.

    Mengenai kegiatan OJK dalam membantu percepatan vaksinasi covid-19, Wimboh telah meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyediakan sebanyak satu juta dosis bagi para pelaku dan nasabah industri jasa keuangan serta masyarakat yang rencana penyuntikan dilakukan pada Agustus 2021.

    Sejak Juni hingga Juli 2021 OJK bersama Bank Indonesia (BI) dan industri jasa keuangan telah melakukan vaksinasi kepada 480 ribu orang di seluruh Indonesia. OJK dan industri jasa keuangan memiliki rencana untuk melakukan fasilitasi penyuntikan vaksin kepada 10 juta orang selama semester II-2021.


    "Hal ini dilakukan untuk mengakselerasi pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) khususnya di sektor jasa keuangan dan menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional," pungkas Wimboh.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id