UMKM Harus Optimalkan Digital saat Pandemi Covid-19

    Angga Bratadharma - 14 Oktober 2021 09:38 WIB
    UMKM Harus Optimalkan Digital saat Pandemi Covid-19
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id



    Yogyakarta: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan besar terhadap perekonomian, termasuk di saat krisis pandemi covid-19 melanda. Atas dasar itu yang membuat pemerintah memfokuskan upaya pemulihan terhadap UMKM karena memiliki dampak panjang.

    Yulianto Suharto dari SBM ITB menyampaikan pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan momentum pandemi untuk mengembangkan potensi ke dalam platform Digital. "Agar bisnis dapat tetap bertahan dan semakin berkembang," kata Yulianto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 14 Oktober 2021.

     



    Besarnya potensi UMKM itu yang membuat program iFortepreneur 4.0 untuk kebangkitan UMKM kreatif Indonesia diluncurkan. Tercatat lebih dari 300 peserta UMKM yang berasal dari berbagai daerah, mulai DKI Jakarta, Aceh, Lombok hingga Labuan Bajo telah mendaftarkan diri dalam program iFortepreneur 4.0.

    iFortepreneur 4.0 merupakan inisiasi iForte untuk mendukung pertumbuhan digitalisasi UMKM di Indonesia. iForte berkomitmen aktif membangun dunia connectivity Indonesia agar semakin berkembang dan konsisten membawa dampak bagi kehidupan yang lebih baik. Diharapkan program ini membantu para pelaku UMKM Indonesia untuk bertransformasi ke Digital.

    Di sisi lain, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diluncurkan sejak Mei 2020 telah mendongkrak jutaan pelaku usaha sektor badan usaha milik desa (Bumdes) serta UMKM masuk platform digital atau onboarding. Bahkan, angkanya naik dua kali lipat.
     
    Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan itu dalam peluncuran Gernas BBI Kalimantan Timur bertemakan Go Borneo pada Selasa, 12 Oktober. Halim menyampaikan lebih 3,8 juta UMKM dan Bumdes saat ini masuk ke platform digital.
     
    "Di 2021, gerakan ini mampu menaikkan 6,07 juta UMKM dan Bumdes masuk platform digital, meningkat hampir dua kali lipat tahun sebelumnya," pungkas Halim.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id