Operasikan SUTT 150 kV Rengat-Tembilahan, PLN Hemat Rp121,73 Miliar/Tahun

    Suci Sedya Utami - 19 Juni 2021 16:21 WIB
    Operasikan SUTT 150 kV Rengat-Tembilahan, PLN Hemat Rp121,73 Miliar/Tahun
    PLN Operasikan SUTT 150 kV Rengat-Tembilahan. Foto: dok PLN.



    Pekanbaru: Di tengah pandemi covid-19 yang masih menghantui Tanah Air, PT PLN (Persero) mampu menyelesaikan pembangunan dan mengoperasikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 150 kilo volt (kV) Rengat-Tembilahan di Provinsi Riau.

    General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatra Bagian Tengah (Sumbagteng) Alland Asqolani menjelaskan kehadiran jaringan transmisi ini akan memperkuat pasokan listrik Sumatra, serta menekan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

     



    "Dengan adanya transmisi ini dapat menurunkan biaya pokok produksi dari rata rata Rp2.691 per kilo watt hour (kWh), menjadi pemanfaatan transfer price menggunakan evakuasi dari GI Tembilahan dengan penghematan Rp121,73 miliar per tahun," kata Alland dalam keterangan resmi, Sabtu, 19 Juni 2021.

    Dia menjelaskan, jaringan transmisi dengan investasi senilai Rp812 miliar ini membentang sepanjang 223,46 kilometer sirkuit (kms), dengan 379 tower yang berada di 31 desa dan delapan kecamatan.

    SUTT 150 KV ini akan menyambungkan sistem kelistrikan Interkoneksi Sumatra hingga Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

    Pembangunan Tower 150 kV ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan meningkatkan keandalan listrik sehingga meningkatkan iklim investasi di Provinsi Riau.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id