comscore

Erick Thohir Tantang Startup Kota Malang Jadi 'Avengers' Ekonomi Digital

Daviq Umar Al Faruq - 16 Januari 2022 20:42 WIB
Erick Thohir Tantang <i>Startup</i> Kota Malang Jadi <i>Avengers</i> Ekonomi Digital
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Malang: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menantang berbagai startup yang tumbuh di Kota Malang, Jawa Timur sebagai penggerak ekonomi digital RI. Tantangan ini demi menghadapi disrupsi ekonomi di Tanah Air.

"Kita harus memastikan ekosistem kita sendiri yang menang, maka dari itu perlu superhero yang baru. Superheronya bukan saya, tapi kalian. Saya berharap lahir dari Kota Malang," tegas Erick di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, 16 Januari 2022.

 



Optimisme tersebut ditopang oleh menguatnya ekonomi kelas menengah dan semakin besarnya wirausahawan muda yang memanfaatkan teknologi digital. Di antaranya inisiasi Sembrani dan Kiqani Fund sebagai platform pendanaan bagi startup yang bergerak di bidang fesyen, food and beverages serta kecantikan.


Juga skema Indonesia Digital Tribe dari PT Telkom dan Bank Mandiri yang menghadirkan digital mentorship program, hackathon, dan ruang showcase bagi puluhan prototipe terbaik.

"Kita harus mempunyai ekosistem sendiri, roadmap sendiri, dunia Indonesia, bukan dunia orang lain. Nah ini momentum yang luar biasa, ekonomi Indonesia ini akan terus tumbuh sampai 2045. Jadi artinya apa? Potensinya luar biasa," ujar Erick.

Ketua Komunitas Startup Singo Edan (Stasion) Malang Zoelfikar Albaba menyebut potensi besar subsektor game dan aplikasi dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pelaku usaha, talenta, event, dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Kota Malang dan BUMN.

"Jumlah startup dari data member Station di Kota Malang sudah mencapai 118 per Januari 2022 dengan tiga segmentasi bidang startupProduct dan Project BasedProduct Based dan Product Based (Service)", terang Fikar.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id