comscore

PLN Ubah Listrik Jadi Pengganti BBM di Pelabuhan ASDP

Medcom - 01 Juli 2022 15:29 WIB
PLN Ubah Listrik Jadi Pengganti BBM di Pelabuhan ASDP
?PLN Ubah Listrik Jadi Pengganti BBM di Pelabuhan ASDP. Foto: dok PLN.
Jakarta: PT PLN (Persero) dan PT ASDP (Persero) bekerja sama menciptakan lingkungan pelabuhan yang bersih dan berbasis energi hijau. Ini ditunjukkan dari pemakaian listrik sebagai pengganti BBM di pelabuhan milik ASDP.

Tak hanya berupaya memberikan pasokan energi bersih, langkah ini juga diambil untuk mendukung strategi ekstensifikasi PLN dalam mendorong program electrifying marine. Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Bali pada Kamis, 30 Juni 2022.
"Sejak 2021 PLN gencar melakukan program electrifying marine dengan mengganti kebutuhan sumber energi pelabuhan yang selama ini bergantung pada BBM menjadi berbasis listrik," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 1 Juli 2022.
 
Baca juga: Jokowi Ajak G7 Investasi Sektor Energi Bersih di Indonesia

PLN pun akan membangun Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) berupa Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dengan daya 5.500 VA hingga 23 ribu VA di Pelabuhan milik ASDP. Keberadaan ALMA nantinya dapat dimanfaatkan baik oleh ASDP maupun masyarakat sekitar pelabuhan.

"Melalui ALMA, kita bersama bisa mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari BBM. Di mana emisi karbon yang digunakan listrik sepertiga lebih rendah dari emisi karbon yang dihasilkan oleh BBM," papar Darmawan.

PLN Ubah Listrik Jadi Pengganti BBM di Pelabuhan ASDP

Darmawan berharap kehadiran ALMA mampu meningkatkan daya saing para nelayan dan pelaku sektor kelautan dan perikanan Indonesia. PLN juga akan terus menambah titik ALMA di pelabuhan di seluruh Indonesia.

Hingga April 2022, PLN sudah membuat 35 ALMA di seluruh Indonesia dengan total daya terpasang sebesar 841,9 kVA. Dari Januari hingga April 2022, pemakaian kWh ALMA mencapai 86,4 ribu kWh. Dilaporkan, PLN telah membangun 12 titik ALMA di wilayah Maluku dan Maluku Utara dengan total pemakaian hingga 45 ribu kWh. (Valerie Augustine Budianto)

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id