comscore

Kebijakan Lepas Masker, Sektor Ritel dan Transportasi Bakal Melesat

Annisa ayu artanti - 18 Mei 2022 14:26 WIB
Kebijakan Lepas Masker, Sektor Ritel dan Transportasi Bakal Melesat
ilustrasi sektor ritel - - Foto: dok Kemenkeu
Jakarta: Sektor ritel dan transportasi akan memperoleh dampak positif yang signifikan dengan kebijakan lepas masker yang diumumkan kemarin.

Direktur Center of Economics and Law Studie (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan tahapan pelonggaran masker menunjukkan fokus pemerintah dalam mempercepat pemulihan mobilitas masyarakat.

Kalau masyarakat mulai bergerak diluar rumah secara lebih bebas, maka belanja masyarakat akan naik. "Paling terasa di ritel dan transportasi, kenaikan permintaan bukan saja pada saat Lebaran kemarin tapi akan berlanjut sepanjang sisa 2022," katanya kepada Medcom.id, Rabu, 18 Mei 2022.

Ia menjelaskan, selama ini pelaku usaha termasuk UMKM sudah menunggu pelonggaran seperti pemakaian masker di tempat terbuka tersebut. Dengan pelonggaran tersebut, omset akan mulai bergerak naik dan penyerapan tenaga kerja akan mulai banyak.

"Proyeksi pertumbuhan sektor perdagangan secara umum diperkirakan 5,5-6 persen year on year dan sektor transportasi pergudangan sebesar 16-18 persen," sebutnya.

Sementara itu, sektor perhotelan perlahan akan membaik okupansi kamar sekaligus didorong pendapatan dari acara-acara seperti resepsi pernikahan, expo dan rapat atau MICE. Pelaku industri kreatif juga diharapkan turut bergembira, karena konser dan pertunjukkan mulai ramai kembali.

"Ini ibarat kemarau dua tahun dihapus dengan hujan satu hari. Permintaan secara agregat alami perbaikan," ucapnya.

 
Bhima menambahkan, baru-baru ini Uni Eropa juga tidak mewajibkan masker di bandara dan di dalam pesawat. Langkah ini langsung mendapat respon kenaikan tajam permintaan kursi penerbangan di Eropa.
 
"Harapannya pemerintah Indonesia juga segera melonggarkan aturan di transportasi umum, apabila indikator pandemi covid-19 nya membaik," pungkasnya.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id