Perusahaan Lampu AS Hijrah dari Tiongkok ke Jateng

    Mustholih - 10 Agustus 2020 16:46 WIB
    Perusahaan Lampu AS Hijrah dari Tiongkok ke Jateng
    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Medcom.id/Fachri.
    Semarang: Perusahaan lampu asal Amerika Serikat (AS), PT CDS Asia (Alpan Lighting) merelokasi tempat usahanya dari Tiongkok ke Jawa Tengah. Rencananya, perusahaan yang bergerak di bidang industri lampu tenaga surya itu mulai beroperasi pada akhir 2020.

    President & CEO Alpan Lighting Danny Sooferian mengatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi alasan perusahaannya memutuskan pindah dari Tiongkok. Danny berujar pabrik Alpan Lighting akan bermarkas di Kawasan Industri Wijaya Kusuma, Semarang.

    "Ini karena Pak Gubernur memudahkan dan memfasilitasi perusahaan kami untuk bisa berinvestasi di Jawa Tengah. Kami berharap kebijakan ini dilanjutkan karena kami sudah sangat dibantu oleh tim Bapak," kata Danny, Semarang, Jateng, Senin, 10 Agustus 2020.

    Sebelum memutuskan pindah ke Tanah Air, Danny mengungkap Alpan Lighting sudah melakukan survei tempat ke Vietnam, Thailand, dan Filipina. Akhirnya, kata Danny, Alpan Lighting memilih Jateng sebagai tempat investasi. "Jateng memiliki kapasitas pekerja yang bagus dan ada dukungan dari Pemerintah Daerah," jelas Danny.

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan relokasi perusahaan asal AS ini menjadi berkah dari masa pandemi covid-19. Ganjar menegaskan Jateng siap siap membantu proses relokasi Alpan Lighting sekaligus menyediakan tenaga kerja.

    "Jadi kira-kira tenaga kerja seperti apa yg dibutuhkan bisa memesan pada sekolah kami. Sehingga nanti lulus bisa disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja perusahaan," ujar Ganjar seraya menegaskan Jateng punya sejumlah sekolah kejuruan yang bisa disesuaikan dengan permintaan Alpan Lighting.

    Nilai investasi Alpan Lighting diperkirakan mencapai USD14 juta. Perusahaan ini berpotensi menyerap 3.500 tenaga kerja. Saat ini, Alpan Lighting sedang membangun pabrik di Jateng dan diperkirakan siap beroperasi pada akhir tahun ini.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id