Pemerintah Diminta Mengalihkan Anggaran Mudik Gratis ke Bantuan Sembako Lebaran

    Antara - 28 Maret 2020 18:30 WIB
    Pemerintah Diminta Mengalihkan Anggaran Mudik Gratis ke Bantuan Sembako Lebaran
    Ilustrasi mudik - - Foto: Medcom
    Jakarta: Pemerintah diminta mengalihkan alokasi anggaran mudik gratis tahun ini ke dalam bantuan sembako Lebaran. Bantuan itu dapat diberikan bagi masyarakat yang mengikuti program mudik gratis tahun lalu yang terdampak virus korona atau covid-19.  

    "Jika nantinya memang diputuskan ditiadakan program mudik gratis, maka anggaran mudik gratis dapat dialihkan kepada pemudik dalam bentuk voucher bantuan sembako Lebaran. Masyarakat yang mengikuti program mudik gratis tahun lalu lebih diprioritaskan. Data pemudik gratis itu masih ada dan bisa digunakan untuk pemberian bantuan itu," kata pengamat transportasi Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 28 Maret 2020.

    Menurutnya, pemerintah dapat bekerja sama dengan pengusaha ritel untuk merealisasikan bantuan sembako Lebaran tersebut. Pasalnya, bantuan dalam bentuk voucher tersebut lebih mudah ditukarkan di toko ritel.

    Karena itu, ia meminta masyarakat tidak menjalankan tradisi mudik tahun ini demi mengurangi penyebaran pandemi virus korona.

    "Keputusan tidak mudik Lebaran tahun ini oleh Presiden sangat dinanti. Sementara ini, masyarakat memang diimbau tidak mudik Lebaran untuk menghindari meluasnya virus korona," katanya.

    Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menegaskan tidak ada lagi program mudik gratis yang dijalankan baik dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara maupun pihak swasta.

    “Tidak ada lagi mudik gratis yang dilaksanakan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dalam video conference di Jakarta, Jumat, 27 Maret 2020.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id