BKPM Yakin RUU Cipta Kerja Perkecil Ruang Pungli

    Eko Nordiansyah - 08 September 2020 18:43 WIB
    BKPM Yakin RUU Cipta Kerja Perkecil Ruang Pungli
    Kepala BKPM Bahlil Lahadalia - - Foto : Medcom
    Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meyakini kehadiran Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja akan memperkecil ruang terjadinya pungutan liar (pungli). Hal ini akan membuka peluang investasi yang lebih besar.

    "Bisa menghapuskan pungli? Perlu kita dalami lagi, tapi memperkecil ruang itu," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 8 September 2020.

    Meski begitu, Bahlil mengakui keberadaan pungli sudah ada sejak zaman dulu. Namun pemerintah terus berupaya menekan keberadaan pungli, serta melenyapkan kegiatan tersebut dengan berbagai regulasi.

    "Kita minimal memperkecil ruang itu, maksimal kita bisa menghilangkan. Cara menghilangkannya dengan regulasi. Kita ingin generasi ke depan lebih baik," ungkapnya.

    Sementara terkait dualisme antara peraturan pemerintah pusat dan daerah akan bisa diatasi dengan adanya RUU Cipta Kerja. Dengan ketentuan ini, semua izin ditarik ke pusat baik dari pemerintah daerah maupun di kementerian.


    "Ini harus diatur karena ada kepala daerah, oknum tertentu kadang-kadang merasa presiden juga. Kita nggak ingin kewenangan yang dikasih disalahgunakan dalam konteks enggak kasih kepastian izin," pungkas dia.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id