Pemerintah Usulkan Pangkas Subsidi Solar Rp500/Liter di 2021

    Suci Sedya Utami - 26 Juni 2020 19:54 WIB
    Pemerintah Usulkan Pangkas Subsidi Solar Rp500/Liter di 2021
    Ilustrasi subsidi solar - - Foto: MI/ Atet Dwi Pramadia
    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan subsidi solar sebesar Rp500 per liter dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

    Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan alokasi subsidi solar di APBN 2020 ditetapkan sebesar Rp1.000 per liter. Artinya usulan untuk tahun depan berkurang sebesar Rp500 per liter dari alokasi tahun ini.

    "Dalam RAPBN 2021 diusulkan adanya subsidi tetap untuk solar yaitu Rp500 per liter dari yang sebelumnya Rp1.000 per liter," kata Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Jumat, 26 Juni.

    Arifin menjelaskan pemangkasan tersebut dilakukan dalam rangka efisiensi anggaran serta subsidi solar yang tepat sasaran. Karenanya, dibutuhkan dukungan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), PT Pertamina (Persero), maupun Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pengendalian subsidi BBM.

    "Diperlukan dukungan melalui program digitalisasi atau pengawasan di lapangan," ucap Arifin.


    Adapun terkait volume subsidi solar tahun depan diusulkan di kisaran 15,31 juta-15,80 juta kiloliter (KL). Arifin menyebut volume subsidi solar tahun ini dialokasikan sebesar 15,31 juta KL. Hingga Mei, realisasinya sebesar 5,63 juta KL dan outlook sampai akhir tahun sebesar 14,37 juta KL.

    Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra Kardaya Warnika meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kembali pengurangan subsidi energi. Sebab, masyarakat sedang menanggung beban akibat pandemi covid-19.

    "Subsidi energi kami minta dalam kondisi sekarang karena terdampak covid-19, pemerintah jangan menambah beban rakyat khususnya rakyat kecil," jelas Kardaya. 




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id