PTBA Pangkas Rencana Produksi Batu Bara 2020 Jadi 25,1 Juta Ton

    Annisa ayu artanti - 30 September 2020 14:58 WIB
    PTBA Pangkas Rencana Produksi Batu Bara 2020 Jadi 25,1 Juta Ton
    Ilustrasi tambang batu bara. Foto: AFP
    Jakarta: PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memangkas rencana produksi batu bara 2020 dari semula 30,3 juta ton menjadi hanya 25,1 juta ton, seiring dengan dampak pandemi covid-19 yang memberi imbas pada kegiatan operasional.

    "PTBA melakukan penyesuaian angka produksi batu bara di 2020 setelah mempertimbangkan kondisi pasar global di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung, dari target awal 30,3 juta ton menjadi 25,1 juta ton," kata Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin melalui webinar, Rabu, 30 September 2020.

    Ia mengatakan, hingga Juni 2020 perusahaan mencatat produksi sebesar 11,9 juta ton. Realisasi capaian ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama 2019 yang mencapai 12,8 juta ton. Namun, kapasitas angkutan batu bara sampai semester I-2020 tetap mencapai 11,7 juta ton atau sama dengan capaian periode yang sama tahun lalu.

    Menurutnya capaian angkutan batu bara tersebut menunjukkan kinerja operasional masih memiliki performa yang baik. "Dari sisi produksi, PTBA mampu menghasilkan 12 juta ton hingga Juni 2020 diiringi dengan kinerja angkutan batu bara yang juga menunjukkan performa positif," ujarnya.

    Sedangkan mengenai permintaan batu bara, Arviyan menjelaskan pandemi membuat permintaan batu bara dalam dan luar negeri turun. Aktivitas di saat pandemi memang tidak seperti biasa karena pemerintah melakukan pembatasan sosial.

    "Kita perhatikan baik permintaan dalam negeri dan ekspor mengalami penurunan yang luar biasa. Ini tidak lepas dari penggunaan batu bara dari negara-negara dan PLN sendiri," pungkasnya.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id