BGR Logistics Dukung Pemerintah Pulihkan Ekonomi dari Pandemi

    Husen Miftahudin - 30 Maret 2021 18:23 WIB
    BGR Logistics Dukung Pemerintah Pulihkan Ekonomi dari Pandemi
    Ilustrasi transformasi holding BUMN pangan - - Foto: Medcom



    Jakarta: PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional dari dampak pandemi covid-19. Hal tersebut dilakukan dengan transformasi perusahaan, mulai dari transformasi budaya, repositioning, rebrandring, serta menjadi 'Beyond Digital Logistics Company.

    "Sejak bergabungnya BGR Logistics sebagai bagian dari Holding BUMN Klaster Pangan, peran kami menjadi sangat penting. BGR Logistics sebagai penghubung antara hulu atau produsen kepada hilir atau masyarakat," ungkap Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo dalam acara Ngopi Bareng Media, Selasa, 30 Maret 2021.






    Sebagai perusahaan logistik digital, BGR Logistics memberikan solusi layanan logistik terpadu berbasis teknologi informasi (IT) yang dapat menekan biaya logistik. Dengan itu, Kuncoro optimistis dapat membantu pemerintah menyediakan layanan jasa logistik terpadu yang efisien.

    "Hal ini dapat kami wujudkan karena seluruh proses bisnis yang kami jalankan sudah terintegrasi berbasis IT yang dapat termonitor secara real time di command center yang kami miliki," paparnya.

    Selain itu, BGR Logistics juga memiliki aplikasi Warung Pangan sebagai wujud inisiasi dari Kementerian Koperasi & UKM dan Kementerian BUMN untuk membantu pelaku UMKM untuk dapat mendapatkan stok bahan pangan dengan harga stabil.

    "Bersama dengan BUMN Klaster Pangan, kami mempertemukan para UMKM langsung dengan pemilik bahan pangan atau produsen. Dengan memotong rantai ini harapannya bahan pangan yang didapatkan UMKM dengan harga stabil dan cara yang aman melalui aplikasi Warung Pangan," paparnya.

    Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics Tri Wahyundo Hariyatno menjelaskan pengembangan usaha perusahaan. Salah satunya National Comodity Data Center (NCDC) yang dibuat untuk membantu pemerintah dalam mengetahui dan melacak komoditas-komoditas pangan maupun non pangan di Indonesia sehingga dapat dijadikan acuan pemerintah untuk mengambil kebijakan ke depannya.

    Direktur Komersial BGR Logistics Budi Susanto menyampaikan tantangan dan target BGR Logistics ke depannya. Dia bilang, pandemi covid-19 ini memukul hampir semua sektor usaha dan jasa, tidak terkecuali sektor logistik.

    "Banyak pemilik barang yang wait and see terkait kondisi ini. Dengan transformasi ini, BGR Logistics menyediakan layanan jasa logistik digital yang berbeda dengan perusahaan logistik lainnya di Indonesia. Harapannya adalah kami dapat memberikan layanan jasa yang melebihi ekspektasi pelanggan," tutur dia.

    Pada kesempatan yang sama, pemerhati kebijakan publik Agus Pambagio mengungkapkan bahwa peran perusahaan logistik seperti BGR Logistics sangat penting bagi pemerintah. Ia pun apresiasi langkah BGR Logistics untuk bertransformasi serta mampu menyediakan layanan logistik digital terpadu.

    Agus menjelaskan bahwa pada era digitalisasi saat ini peran sistem informasi sudah menjadi hal yang krusial untuk diimplementasikan guna mendukung kinerja bisnis. Dengan begitu, diharapkan dapat menekan biaya logistik di Indonesia agar dapat efisien dan mampu bersaing dengan negara-negara lainnya.

    "Harapannya, BGR Logistics dapat menjadi lead logistics di Indonesia, karena semua sistem layanan jasa sudah berbasis IT dan terintegrasi satu sama lain sehingga biaya logistik dapat ditekan. Sudah seharusnya pemerintah mengapresiasi dan mendukung langkah-langkah serta upaya BGR Logistics ini dan memberikan dukungan penuh untuk menjadikan biaya logistik yang efisien di Indonesia serta mampu bersaing dengan negara-negara tetangga," pungkas Agus.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id