Tanjung Perak Sediakan Layanan Tes GeNose C19

    Antara - 17 April 2021 18:12 WIB
    Tanjung Perak Sediakan Layanan Tes GeNose C19
    Sejumlah calon penumpang kapal menunggu hasil usai menjalani tes GeNose C-19 di terminal penumpang Tanjung Perak - - Antara/ Didik Suhartono



    Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan penggunaan alat tes GeNose C-19 di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Layanan tes covid-19 dengan hembusan napas ini menjadi salah satu alternatif persyaratan berpergian untuk calon penumpang kapal.

    “Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah bersinergi dan berkoordinasi dalam mewujudkan penggunaan alat tes GeNose C-19 di sektor transportasi laut,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo dalam pernyataan resminya, Sabtu, 17 April 2021.

     



    Agus mengatakan penggunaan GeNose sebagai salah satu persyaratan penumpang kapal ini telah tercantum dalam Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

    Pada sektor transportasi laut, penggunaan GeNose sudah dimulai sejak peluncuran pertama di Pelabuhan Tanjung Priok pada awal April lalu.

    “Selanjutnya, direncanakan untuk dilanjutkan pada Pelabuhan Utama yang lain, dan tentunya diharapkan dapat diterapkan juga pada pelabuhan-pelabuhan lainnya di seluruh Indonesia,” ujar dia.

    Penggunaan alat tes ini di sektor transportasi laut  telah melalui berbagai proses, antara lain uji coba yang dilakukan pada perjalanan penumpang transportasi laut di Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan kapal milik PT Pelni mulai 1-12 Maret 2021 lalu.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id