Terpopuler Ekonomi: Surat Sakti UMKM Jadi Sorotan

    Arif Wicaksono - 04 April 2021 11:12 WIB
    Terpopuler Ekonomi: Surat Sakti UMKM Jadi Sorotan
    UMKM. Foto : MI/Hendrik.



    Jakarta: Surat sakti yang bisa digunakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mencari pinjaman di perbankan menjadi berita terpopuler ekonomi di kanal Medcom.id kemarin. Dalam berita itu disebutkan bahwa pelaku UMKM tidak perlu lagi kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan atau modal usaha karena ada Undang-undang Cipta Kerja.

    Kemudian berita lainnya adalah mengenai PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat trafik penumpang sebanyak 105.612 di 15 bandara yang dikelola pada H-12 libur peringatan Paskah. Lalu diramaikan pula dengan berita mengenai Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) yang bekerja sama dengan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) untuk membantu memberikan bantuan uang hingga USD650 miliar ke negara-negara yang paling terpukul oleh pandemi covid-19.






    Berikut rangkuman beritanya di bawah ini:

    1. Pakai Surat Sakti, UMKM Lebih Gampang Dapat Pinjaman Bank

    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak perlu lagi kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan atau modal usaha.

    Pasalnya, Undang-undang Cipta Kerja telah mengatur fasilitas khusus berupa surat sakti yakni surat perintah kerja atau permintaan produksi pada UMKM yang bisa digunakan untuk menjadi jaminan meminjam modal di bank.

    Baca berita selengkapnya di sini

    2. Libur Paskah, 105,6 Ribu Penumpang Padati Bandara AP I

    PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat trafik penumpang sebanyak 105.612 di 15 bandara yang dikelola pada H-12 libur peringatan Paskah. Angka tersebut lebih tinggi 39,8 persen dibanding trafik rata-rata harian pada Maret 2021 yang sebesar 75.522 penumpang per hari.

    Vice President Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan menjelaskan jumlah tersebut terdiri dari 55.212 kedatangan dan 50.400 keberangkatan. Adapun trafik penumpang tertinggi terdapat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yaitu sebesar 24.138 pergerakan penumpang, yang terdiri dari 11.882 kedatangan dan 12.256 keberangkatan.

    Baca berita selengkapnya di sini

    3. AS-IMF Beri Bantuan untuk Negara Paling Terpukul Keras karena Pandemi Covid-19

    Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) bekerja sama dengan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) untuk membantu memberikan bantuan uang hingga USD650 miliar ke negara-negara yang paling terpukul oleh pandemi covid-19.

    Mengutip CNBC International, Sabtu, 3 April 2021, Departemen Keuangan AS mengumumkan pihaknya membantu IMF dengan menyediakan USD650 miliar dalam Hak Penarikan Khusus atau Special Drawing Rights (SDR) yang akan membantu membangun penyangga cadangan, memperlancar penyesuaian, dan mengurangi risiko stagnasi ekonomi di pertumbuhan ekonomi global.

    Baca berita selengkapnya di sini

    4. Ratusan Ribu Ton Sampah Plastik Miliki Potensi Ekonomi Rp10 Triliun

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong sektor industri manufaktur untuk melakukan transformasi ke arah pembangunan berkelanjutan. Salah satunya melalui konsep daur ulang dengan memanfaatkan sampah plastik sebagai energi alternatif.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bisnis daur ulang telah lama dikenal di Indonesia. Bahkan berbagai macam sektor industri daur ulang seperti plastik, pelumas, kertas, tekstil, dan logam, berkontribusi dalam upaya menciptakan proses circular economy serta turut membantu mengurangi sampah.

    Baca berita selengkapnya di sini

    5. Pertamina Kebut Penanganan Insiden Kilang Balongan terhadap Warga Terdampak

    PT Pertamina (Persero) mempercepat pemulihan atas insiden kebakaran di tangki Kilang Balongan dengan melaksanakan sosialisasi dan verifikasi data laporan warga terdampak secara simultan. Data tersebut dihimpun melalui laporan warga terdampak kepada pengurus RT RW di Desa Majakerta, yang dikumpulkan ke Kecamatan T-301.

    "Tim gabungan sudah dibentuk oleh Pemda Indramayu dan kami bersama Tim akan melakukan pendataan dan verifikasi kerugian yang dialami warga. Pertamina akan bertanggung-jawab atas kerusakan yang timbul akibat insiden ini," ujar Unit Manager Communication Relation CSR RU VI Balongan Cecep Supriyatna dalam keterangan tertulis, Sabtu, 3 April 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id