Ini Pemicu Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing

    Annisa ayu artanti - 04 Maret 2021 18:00 WIB
    Ini Pemicu Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing
    Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.



    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi memberikan klarifikasi mengapa Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri dan menggaungkan untuk membenci barang luar negeri.

    Lutfi mengatakan latar belakang pernyataan Jokowi adalah karena laporannya terkait dengan pelaku e-commerce di luar negeri yang menghancurkan UMKM fesyen muslim di Tanah Abang. Pelaku tersebut menjual produk fesyen serupa dengan harga yang sangat miring.






    "Perlu diluruskan ada background yang menyertai pernyataan Pak Presiden. Laporan saya ke beliau tentang laporan praktik yang tak sesuai di perdagangan e-commerce," kata Lutfi dalam konferensi pers virtual, Kamis, 4 Maret 2021.

    Ia menjelaskan praktik perdagangan yang dilakukan pelaku tersebut masuk dalam praktik perdagangan ilegal karena melakukan predatory pricing, sehingga membunuh kompetisi dagang yang lain. Praktik dagang yang dilakukan pelaku e-commerce lintas negara tersebut juga telah mengancam eksistensi pelaku usaha dalam negeri.

    "Jadi beliau membenci praktik tersebut sebagai bagian tidak memuaskan karena kita banyak sekali kehilangan UMKM karena masalah tersebut," ucapnya.

    Saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan Kamis pagi, Jokowi mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk lokal dan tidak menggunakan produk luar negeri.

    "Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk luar negeri," ucap Jokowi.

    Kemudian di media sosial Twitter ramai tagar #SellerAsingBunuhUMKM.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id