Jokowi Geram Subsidi Pupuk Tak Kunjung Genjot Produksi

    Fachri Audhia Hafiez - 11 Januari 2021 12:28 WIB
    Jokowi Geram Subsidi Pupuk Tak Kunjung Genjot Produksi
    Presiden Joko Widodo membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2021. Foto: Tangkapan layar Youtube
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti nilai subsidi pupuk yang cukup besar. Namun, subsidi itu belum juga menorehkan hasil maksimal di sektor pertanian.

    "Return-nya apa itu, kembaliannya ke kita apa? Apakah produksi melompat naik?" kata dalam Jokowi sambutannya di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 11 Januari 2021. 

    Menurut Jokowi, negara menggelontorkan Rp33 triliun per tahun untuk subsidi pupuk. Selama 10 tahun disalurkannya subsidi itu produksi petani tak kunjung meningkat.

    "Kalau tiap tahun kita mengeluarkan subsidi pupuk sebesar itu, kemudian tidak ada lompatan di sisi produksinya, ada yang salah. Ada (yang) enggak bener di situ," ujar Kepala Negara.

    Baca: Petani Tak Soal Kenaikan Harga Pupuk Subsidi

    Jokowi memerintahkan program itu dievaluasi. Dia meminta penghitungan matang dalam pengelolaan sektor pertanian serta penggunaan teknologi yang senada. 

    "Sehingga, harga pokok produksinya nanti bisa bersaing dengan harga komoditas yang sama dari negara-negara lain. Ini baru yang namanya benar," kata Jokowi.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id