Pengguna QRIS di Sumut Sudah 197.083 Pedagang

    Antara - 11 Oktober 2020 19:16 WIB
    Pengguna QRIS di Sumut Sudah 197.083 Pedagang
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Medan: Jumlah merchant (pedagang) yang menggunakan QR Indonesian Standard (QRIS) di Sumatra Utara terus meningkat atau sudah sebanyak 197.083 hingga September 2020.

    "Dengan terus meningkat hingga 197.083 pedagang, Sumut tetap tercatat masuk 10 besar penggunaan QRIS, secara nasional,"ujar Kepala Bank Indonesia (BI) Sumut, Wiwiek Sisto Widayat di Medan, dikutip dari Antara, Minggu, 11 Oktober 2020.

    Pada September 2020, ada penambahan 15.398 pedagang dari posisi Agustus yang menggunakan QRIS. Menurut dia, BI tetap optimistis pengguna QRIS di Sumut terus bertambah, apalagi saat pandemi covid-19 masyarakat cenderung memilih transaksi nontunai.

    BI pun terus melakukan berbagai kebijakan jangka pendek mau pun panjang untuk memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai. BI Sumut, misalnya, melakukan perjanjian kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota dalam pengembangan ekonomi digital.

    "Harapannya para bupati/wali kota di Sumut menggunakan QRIS untuk transaksi elektronik di lingkungan pemerintah daerah. Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Sumut juga diharapkan turut mengimplementasikan QRIS di 33 kabupaten/kota," jelasnya.

    Wiwiek mengakui penggunaan QRIS terbesar masih tetap di wilayah Kota Medan. Dari 197.083 pedagang yang menggunakan QRIS di Sumut, sebesar 56,75 persen berada di Medan.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id