comscore

Pemerintah Kebut Vaksinasi di Luar Jawa Bali

Eko Nordiansyah - 21 Februari 2022 16:51 WIB
Pemerintah Kebut Vaksinasi di Luar Jawa Bali
Ilustrasi. Foto: dok MI.
Jakarta: Pemerintah menargetkan percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk daerah-daerah di luar Jawa Bali. Percepatan vaksinasi ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengantisipasi kenaikan kasus covid-19 akibat varian Omicron yang saat ini mulai terjadi di luar Jawa Bali.

"Arahan Bapak Presiden yang dosis 2 dan (vaksinasi) lansia ini dipercepat dan ini menjadi indikator yang penting diperhatikan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference, Senin, 21 Februari 2022.
Ia menambahkan, saat ini masih ada daerah di luar Jawa Bali yang mengalami keterlambatan vaksinasi, baik dosis 1, dosis 2, maupun untuk lansia. Bahkan tercatat ada tiga provinsi yang pelaksanaan vaksinasi dosis 1 masih di bawah 70 persen yaitu Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Dosis 2 yang di bawah 50 persen ada Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah,  Sulawesi Barat, Maluku Utara, Aceh Papua Barat, Maluku, dan Papua. Vaksin booster ini di seluruh provinsi luar Jawa Bali masih di bawah 10 persen dan capaian lansia masih ada tujuh provinsi yang di bawah 60 persen," ungkapnya.

Pemerintah sebelumnya juga mencatat terjadi kenaikan Reproduksi Kasus Efektif (Rt) covid-19 di luar Jawa Bali. Saat ini rata-rata Rt di luar Jawa Bali naik sekitar 1,18 persen yang terjadi hampir di seluruh pulau, kecuali Maluku. Meski naik, kasus di luar Jawa Bali masih lebih rendah secara nasional, yaitu 23 persen atau 124.314 dari 536.358 kasus.

Sementara untuk keterisian tempat tidur di rumah sakit (BOR) dengan kasus di atas 10 ribu terjadi di Sumatra Utara dengan BOR 31 persen dan konversi 19 persen, Sulawesi Selatan BOR 30 persen dan konversi 16 persen, serta Kalimantan Timur BOR 29 persen dan konversi 23 persen.

"Pemerintah terus memantau dan menyiapkan langkah karena ini puncaknya dalam dua hingga tiga minggu ke depan yang perlu diantisipasi. Meskipun kasus meningkat secara keseluruhan keterisian rumah sakit masih terkendali. Secara nasional 38 persen, namun di luar Jawa Bali kurang dari 30 persen," pungkas dia.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id