comscore

Dorong Rantai Ekspor, Mendes Dukung Desa Devisa

Insi Nantika Jelita - 28 Juni 2021 12:35 WIB
Dorong Rantai Ekspor, Mendes Dukung Desa Devisa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto: dok. Kemendes
Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendukung gagasan Desa Wedani di Kabupaten Gresik, Jawa Timur sebagai Desa Devisa.

Desa Devisa merupakan klaster tertentu yang berpotensi melakukan aktivitas produksi secara berkelanjutan untuk andil dalam rantai pasokan ekspor global.

 



"Di sini saya menemukan gagasan baru namanya Desa Devisa. Kalau model di sini sudah ketemu semuanya dari hulu ke hilir akan kita jadikan model nasional karena pembangunan desa paling bagus dengan replikasi," kata Halim dalam keterangannya yang dikutip dari Mediaindonesia.com, Senin, 28 Juni 2021.

Saat kunjungan ke Desa Wedani, Halim Iskandar menyebut, salah satu potensi desa setempat berupa pembuatan kain tenun. Dia berharap potensi ini akan diakomodir dalam Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sesuai Undang Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020.

"Desa ini luar biasa potensinya tinggal kita kembangkan. Yang mengkonsolidasi semua UMKM ini adalah Bumdes. Ini sesuai UU Cipta Kerja dan desa harus memberikan manfaat langsung kepada masyarakat," ucapnya.

Halim menambahkan, Bumdes sudah boleh dikatakan membuat Unit Usaha Kerajinan Tenun tapi lebih berperan mengkonsolidasi pengrajin-pengrajin di Desa Wedani.

"Desa Devisa ini mencontoh yang sudah sukses, ditarik untuk desa desa lain," pungkasnya.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id