PLN Dapat Tambahan Pasokan Batu Bara 4,6 Juta Ton di 2021

    Suci Sedya Utami - 18 Juni 2021 22:17 WIB
    PLN Dapat Tambahan Pasokan Batu Bara 4,6 Juta Ton di 2021
    Ilustrasi pekerja tambang batu bara - - Foto: dok AFP



    Jakarta: PT PLN (Persero) mendapatkan tambahan pasokan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit di 2021 sebesar 4,6 juta ton. Tambahan tersebut merupakan dukungan pemerintah dan mitra pemasok batu bara dalam penyediaan bahan bakar pembangkit demi menjaga keandalan pasokan listrik di Tanah Air.
     
    Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan kepastian pemenuhan batu bara sangat penting bagi PLN demi menjaga keberlanjutan dan keandalan pasokan listrik ke masyarakat.

    "Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM atas dukungannya untuk memastikan ketersediaan batu bara untuk PLN, serta kepada mitra pemasok yang memenuhi komitmennya dalam mengutamakan kepentingan pasokan batu bara dalam negeri," kata Zulkifli dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, 18 Juni 2021.

     



    Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini mengatakan sebanyak 48 mitra pemasok telah berkomitmen untuk memenuhi alokasi pasokan batu bara sesuai kontrak dan menambahkan alokasi sesuai kemampuan tambang. Ia bilang hingga kini upaya mencari tambahan juga akan terus dilakukan PLN, demi terpenuhinya kebutuhan pasokan batu bara untuk pembangkitan tenaga listrik.

    Seperti diketahui, sejak Desember 2020 telah terjadi penurunan pasokan batu bara untuk sektor ketenagalistrikan. Penyebabnya karena kondisi cuaca ekstrem, penurunan produksi tambang, serta kenaikan harga batubara di pasar Internasional.

    Kondisi keterbatasan pasokan batu bara tersebut telah menyebabkan terjadinya penurunan stok batu bara di seluruh pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) PLN. Namun, keterbatasan pasokan batu bara untuk PLTU PLN pada awal 2021 diatasi dengan melakukan penambahan pasokan dari para pemasok existing maupun pemasok baru.

    "Kami berharap sinergitas antara PLN mitra pemasok dan Ditjen Minerba dapat terus berlanjut dengan baik demi menjaga keandalan listrik di Tanah Air," harap Zulkifli.

    Saat ini kepastian pasokan batu bara merupakan quick win dalam pemenuhan kebutuhan listrik nasional. Kendati demikian, PLN tetap berkomitmen untuk memprioritaskan bauran energi baru terbarukan (EBT).

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id