UU Cipta Kerja Angin Segar bagi Emiten Tambang Batu Bara

    Annisa ayu artanti - 07 Oktober 2020 14:04 WIB
    UU Cipta Kerja Angin Segar bagi Emiten Tambang Batu Bara
    Batu Bara. Foto : MI.
    Jakarta: Pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja menjadi angin segar bagi emiten tambang batu bara. Pasalnya, di dalam payung hukum anyar emiten batu bara yang mampu meningkatkan nilai tambah baik melalui proses hilirisasi dan pemanfaatan batu bara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) akan mendapat relaksasi pemungutan royalti hingga nol persen dari sebelumnya 13,5 persen.

    "Kami melihat insentif berupa relaksasi royalti sampai dengan nol persen ini akan berdampak positif bagi emiten batu bara," kata Kepala Riset NH Korindo Sekuritas Indonesia Anggaraksa Arismunandar kepada Medcom.id, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Adapun ketentuan tambang mineral dan batu bara dalam UU Cipta Kerja tercantum pada Pasal 128A. Pada ayat pertama berbunyi pelaku usaha yang melakukan peningkatan nilai tambah batu bara sebagaimana dimaksud, dapat diberikan perlakuan tertentu terhadap kewajiban penerimaan negara.

    Kemudian pada ayat kedua, pemberian perlakuan tertentu terhadap kewajiban penerimaan negara sebagaimana dimaksud untuk kegiatan peningkatan nilai tambah batu bara dapat berupa pengenaan royalti nol persen. Lalu ayat ketiga, ketentuan lebih lanjut mengenai perlakuan tertentu diatur dengan Peraturan Pemerintah.

    Anggaraksa melanjutkan berdasarkan catatannya beberapa emiten yang memperoleh angin segar tersebut adalah PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Keduanya memiliki operasi hilirisasi di beberapa PLTU.

    "Dalam catatan kami, beberapa emiten yang telah memiliki operasi hilir terintegrasi di antaranya ADRO yang memiliki beberapa PLTU di Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah, serta PTBA yang tengah mengembangkan PLTU di Sumatra Selatan," pungkasnya.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id