Ini Isi Lengkap Surat Erick Thohir ke Menteri ESDM

    Suci Sedya Utami - 02 Oktober 2020 13:40 WIB
    Ini Isi Lengkap Surat Erick Thohir ke Menteri ESDM
    Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengirimkan surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadahlia terkait permintaan dukungan untuk operasional PT PLN (Persero).

    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan permohonan dukungan yang diungkapkan dalam isi surat bukan berarti menggambarkan kondisi perusahaan setrum milik negara itu saat ini dalam kondisi yang parah.

    Arya mengungkapkan surat tersebut berupa permohonan dukungan karena PLN mengalami kelebihan pasokan (oversupply). Namun di saat bersamaan, permintaan listriknya menurun di tengah pandemi.

    "Mengenai surat Pak Menteri ke ESDM dan BKPM itu memang benar," kata Arya melalui pesan suara yang disampaikan pada awak media, Jumat, 2 Oktober 2020.

    Baca: PLN Oversupply, Erick Kirim Surat ke Menteri ESDM Minta Dukungan

    Berikut isi lengkap surat Erick Thohir tertanggal 18 September 2020 perihal 'Dukungan Kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)' tersebut:

    Memperhatikan kondisi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PT PLN baik kinerja operasional maupun keuangan yang terdampak pandemi covid-19, kami harapkan dukungan Saudara untuk membantu kinerja PT PLN sebagai berikut:

    1. Untuk mengatasi kondisi kelebihan pasokan pembangkit, maka diperlukan upaya peningkatan demand listrik. Kami harapkan dukungan Saudara untuk mendorong pelaku usaha menggunakan listrik yang disediakan PT PLN (Persero), antara lain dengan membatasi pemberian izin usaha penyediaan listrik dan captive power.

    2. Penyesuaian RUPTL 2020-2029 dengan mempertimbangkan:
    a. Kapasitas infrastruktur ketenagalistrikan yang telah/ sedang dibangun,
    b. Proyeksi demand,
    c. Kemampuan pendanaan baik yang bersumber dari APBN maupun keuangan PT PLN.

    Demikian kami sampaikan dan atas perhatian serta dukungan Saudara untuk peningkatan kinerja dan layanan PT PLN, kami ucapkan terima kasih.


    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id