Mudik Dilarang, Sandiaga: Destinasi Wisata Lokal akan Jadi Pilihan Masyarakat

    Suci Sedya Utami - 13 April 2021 19:06 WIB
    Mudik Dilarang, Sandiaga: Destinasi Wisata Lokal akan Jadi Pilihan Masyarakat
    Ilustrasi. Foto: MI/Andri



    Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan hingga saat ini belum ada larangan operasional destinasi wisata di masa libur Lebaran. Hal ini menyusul adanya larangan mudik Lebaran.

    Bahkan Sandiaga menilai destinasi lokal akan banyak digandrungi masyarakat untuk mengisi momen lebaran akibat larangan mudik. Oleh karenanya dirinya mendorong pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memaksimalkan persiapan terutama dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin termasuk crowd management.






    "Saya melihatnya akan ada reposisi, destinasi wisata lokal akan mendapatkan kunjungan karena banyak masyarakat yang tidak bisa ke kampung halaman, mereka akhirnya menghabiskan libur lebaran dalam bingkai PPKM skala mikro dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga dilansir dari laman resmi Kemenparekraf, Selasa, 13 April 2021.

    Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan Pemda dan pihak-pihak terkait lainnya untuk turut serta melakukan pemantauan dan pengawasan.

    Pemerintah meminta pelaku usaha tetap optimistis di tengah upaya pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi guna terciptanya herd immunity, sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar pulih.

    Di sisi lain, Sandiaga kembali menegaskan rencana perluasan dan peningkatan Dana Hibah Pariwisata pada 2021. Dana Hibah Pariwisata tahun ini rencananya tidak hanya akan menyasar industri hotel dan restoran, tapi juga diperluas untuk biro perjalanan wisata, taman rekreasi dan lainnya.  

    "Oleh karena itu saya berharap biro perjalanan wisata juga tour operator (TO) untuk segera mengumpulkan data melalui pemerintah daerah juga asosiasi," pungkas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id