Inovasi Dorong Pemulihan di Sektor Pariwisata

    Eko Nordiansyah - 18 Januari 2021 16:13 WIB
    Inovasi Dorong Pemulihan di Sektor Pariwisata
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala



    Jakarta: Sektor pariwisata diyakini menjadi salah satu sektor yang mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional. Meskipun sektor pariwisata tertekan selama pandemi covid-19, namun berbagai upaya telah dilakukan untuk mempercepat pemulihannya.

    Pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Guntur Subagja Mahardika mengatakan pihaknya mendorong pelaku usaha di sektor ini untuk melakukan inovasi. Salah satunya dengan menerapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).






    "IPI harus menjadi bagian terdepan dalam pemulihan industri pariwisata dengan melakukan inovasi baru, pendekatan baru dan protokol CHSE," kata dia dalam keterangan resminya, Senin, 18 Januari 2021.

    IPI mengapresiasi langkah dan kebijakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang sedang berusaha mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia yang terpuruk akibat pandemi covid-19. Kehadiran Sandiaga dinilai bisa menjadi harapan baru.

    "Kami mengapresiasi Pak Menteri Sandiaga Uno yang bergerak cepat untuk memetakan permasalahan dan berupaya mencari solusinya agar industri pariwisata kembali hidup dan menjadi lokomotif perekonomian nasional," ungkap dia.

    Ia menambahkan, sektor pariwisata adalah industri yang melibatkan berbagai sektor kegiatan ekonomi seperti ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini ada sekitar 64 juta UMKM yang menyerap lapangan kerja sekitar 107 juta orang.

    "Namun sebagian besar mereka terdampak pandemi sehingga mengalami PHK, dirumahkan, bahkan usahanya tutup. IPI bersama-sama sektor lainnya harus memulai membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

    Ketua Umum IPI I Gede Susila Wisnawa menjelaskan IPI merupakan wadah bagi para pelaku pariwisata untuk saling membantu promosi, bertukar informasi, menggali dan mempopulerkan potensi kearifan budaya lokal di Indonesia maupun internasional.

    Sebagai organisasi sosial profesi di bidang kepariwisataan yang baru berdiri empat tahun, ia mengaku siap berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara, khususnya industri pariwisata nasional. Terlebih IPI menargetkan perluasan kepengurusan di seluruh Indonesia.

    "Anggota Insan Pariwisata Indonesia adalah individu dan mitra usaha yang bergerak di bidang usaha pariwisata dan UMKM. Kini IPI memiliki kepengurusan daerah di 10 provinsi dan tahun ini akan bertambah menuju kepengurusan di semua provinsi Indonesia," jelas dia.  
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id