Penumpang Kereta Jarak Jauh Melonjak Jelang Imlek

    Putri Anisa Yuliani - 11 Februari 2021 15:31 WIB
    Penumpang Kereta Jarak Jauh Melonjak Jelang Imlek
    Ilustrasi penumpang KA jarak jauh - - Foto: dok KAI



    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat kenaikan penumpang kereta jarak jauh menjelang Tahun Baru Imlek 2021. Sedikitnya 25 kereta dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

    "Peningkatan jumlah penumpang terlihat melalui data pemesanan tiket. Angka keberangkatan tertinggi terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021 atau satu hari jelang momen libur keagamaan Imlek, tercatat untuk hari ini terdapat sekitar 10.200 penumpang yang akan berangkat dari Area Daop 1 Jakarta," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dikutip dari Mediaindonesia.com, Kamis, 11 Februari 2021.






    Jumlah rata-rata penumpang per hari pada momen libur panjang tersebut bertambah sekitar tiga kali lipat jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu pada Kamis, 5 Februari 2021 yakni sebesar 2.994 penumpang. Jika ditotal secara keseluruhan (periode 11-14 Februari 2021), terdapat sekitar 16 ribu penumpang yang berangkat dariwilayah Daop 1 Jakarta pada libur panjang Imlek 2021.

    "Tentunya, data tersebut masih dapat berubah mengingat masih mungkin ada tambahan penumpang yang melakukan reservasi ataupun membeli tiket go show tiga jam sebelum keberangkatan untuk 11-14 Februari 2021," jelas Eva.

    Meski KA yang dioperasionalkan hingga 25 KA per hari dan volume penumpang KA meningkat, PT KAI Daop 1 Jakarta tetap konsisten menerapkan prosedur pencegahan covid-19 baik di area Stasiun dan perjalanan KA di atas KA. Seperti, pembatasan okupansi penumpang maksimal sebanyak 70 persen dari kondisi normal.

    Yang terbaru terkait protokol kesehatan di masa libur panjang keagamaan, calon penumpang harus memenuhi persyaratan sebelum melakukan perjalanan KA, di antaranya; menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19) yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

    Selain itu calon penumpang anak dibawah 5 tahun tidak diwajibkan melakukan tes RT-PCR/ rapid tes antigen/ GeNose tes untuk syarat naik KA JJ. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Satgas No. 7 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19.

    "PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id