Diizinkan Mengudara, Garuda Belum Pasti Terbangkan Pesawat Boeing 737 Max

    Annisa ayu artanti - 20 November 2020 14:08 WIB
    Diizinkan Mengudara, Garuda Belum Pasti Terbangkan Pesawat Boeing 737 Max
    Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 737 MAX - - Foto: dok MI
    Jakarta: PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) belum pasti menggunakan pesawat jenis Boeing 737 MAX meski Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) telah mengeluarkan izin terbang pesawat tersebut.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan dalam menerbangkan pesawat perlu menyiapkan beberapa hal. Di antaranya kesiapan secara teknis serta pilot yang akan menerbangkan pesawat.

    "Untuk melakukan penerbangan ini ada beberapa persiapan yang perlu disiapkan termasuk kesiapan oleh pesawat tersebut," kata Irfan dalam konferensi pers virtual, Jumat, 20 November 2020.

    Irfan mengungkapkan sejak dua tahun larangan mengudara Boeing 737 MAX, pilot-pilot Garuda Indonesia pun tidak pernah lagi mengendarainya.


    "Kemudian re-training dari pada pilotnya. Karena ini ada jangka waktu yang cukup lama, pilot kita harus melewati training dan sertifikasi lagi," tutur dia.

    Meski hanya memiliki satu jenis pesawat Boeing 737 Max, Garuda tetap menerapkan asas prioritas dan kebutuhan dalam memutuskan jenis pesawat yang akan diterbangkan.

    Di sisi lain, penerbangan pesawat Boeing 737 Max juga harus menunggu aturan resmi dari otoritas Indonesia. "Untuk bisa mengoperasikan kita juga membutuhkan aturan-aturan atau persetujuan dari otoritas Republik Indonesia," tambah dia.


    Garuda belum cancel pemesanan Boeing 737 Max

    Irfan menambahkan hingga kini maskapai pelat merah ini belum melakukan pembatalan pemesanan puluhan pesawat jenis Boeing 737 MAX kepada pihak Boeing. Garuda Indonesia dan Boeing masih terus melakukan pembicaraan mengenai klasifikasi pesawat tersebut.

    "Mengenai order dengan Boeing kita memang ada order dan ada banyak pembicaraan kami dengan Boeing klasifikasinya belum tercancel," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id