Surplus Neraca Dagang Harus Dipertahankan saat Hadapi Resesi

    Ilham wibowo - 09 November 2020 16:19 WIB
    Surplus Neraca Dagang Harus Dipertahankan saat Hadapi Resesi
    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyebut bahwa surplus neraca perdagangan Indonesia sepanjang 2020 bakal terus dipertahankan. Capaian tersebut punya pengaruh yang besar agar tercipta optimisme dalam menghadapi situasi resesi.

    "Pengaruhnya sangat besar karena surplus ini membawa sinyal positif dan juga tren ekspor di sini kita pertahankan walaupun di tengah pandemi," kata Agus dalam konferensi pers virtual, Senin, 9 November 2020.

    Kontraksi pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020 sudah lebih baik dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang minus 5,32 persen. Pada kuartal III-2020, ekonomi Indonesia tercatat minus 3,49 persen atau tumbuh 5,05 persen secara kuartal ke kuartal.

    Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan selama Januari-September 2020 neraca dagang RI telah surplus USD13,51 miliar. Nilai tersebut telah melampaui surplus neraca perdagangan 2017 yang sebesar USD11,84 miliar.

    "Komoditas yang mempengaruhi kenaikan ekspor nonmigas antara lain besi dan baja; lemak hewan dan nabati; kendaraan dan komponen; mesin dan peralatan elektronik; kemudian plastik dan barang plastik," paparnya.

    Meski begitu, kata Agus, angka surplus dari kinerja ekspor masih dipengaruhi impor bahan baku yang masih tertekan. Selain meningkatkan ekspor, industri manufaktur di Tanah Air juga saat ini didukung menuju proses pemulihan.

    "Impor bahan baku sedikit tertekan, ini tetap kita pertahankan bagaimana memudahkan bahan baku tersebut," tuturnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id