Selain di Korsel, Keripik Singkong Indonesia Juga Laku di Amerika

    Ilham wibowo - 10 November 2020 11:57 WIB
    Selain di Korsel, Keripik Singkong Indonesia Juga Laku di Amerika
    Ilustrasi produk olahan singkong diminati di AS - - Foto: dok MI
    Jakarta: Ekspor produk olahan pangan berbahan dasar singkong Indonesia cukup digemari di Amerika Serikat (AS). Hal ini seiring tingginya permintaan ekspor olahan singkong ke sejumlah negara bagian di benua tersebut.

    "Pandemi dapat menjadi peluang bagi eksportir untuk mengembangkan bisnis dan tetap optimistis,: ungkap Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, Selasa, 10 November 2020.

    Agus mengungkapkan ekspor perdana produk olahan singkong oleh PT Pareto Estu Guna itu diawali dengan pengiriman sebanyak 320 karton senilai USD5.200 pada Januari 2020. UKM asal Bojonegoro, Jawa Timur itu sebelumnya mengikuti export coaching program dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag.

    "Keripik Matoh sedang berusaha merambah lebih banyak negara tujuan ekspor. Pasar lain yang menjadi target penjualan ke depan yakni Tiongkok dan Kuwait," ungkap dia.

    Dalam kesempatan lain, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memperkirakan produk olahan pangan dalam negeri masih diminati di mancanegara.

    Misalnya, PT Alpha Gemilang Sejahtera masih rutin melakukan ekspor 20 ton produk keripik singkong ke Korea Selatan. Karena itu, ekspor produk UMKM berbasis singkong dan ubi saat ini menjadi perhatian pemerintah.

    "Ini menjadi contoh bahwa potensi itu sebenarnya ada depan kita. Tinggal kreativitas dan keseriusan kita saja dalam mengolah dan memasarkannya," ujarnya.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id