Jasa Marga Berharap Pemerintah Lunasi Sisa Dana Talangan Pembebasan Lahan

    Suci Sedya Utami - 08 Maret 2021 13:46 WIB
    Jasa Marga Berharap Pemerintah Lunasi Sisa Dana Talangan Pembebasan Lahan
    Ilustrasi. Foto: Dok. Jasa Marga



    Jakarta: PT Jasa Marga Tbk (Persero) berharap pemerintah segera melunasi sisa utang dana talangan untuk pembebasan lahan periode 2016 hingga 2020.

    Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal menyebutkan, dari Rp5 triliun utang dana talangan tersebut, Rp2 triliun di antaranya telah dibayarkan. Ia bilang masih tersisa Rp3 triliun lagi yang belum dilunasi pemerintah.

     



    "Waktu itu sudah dibayar, saat ini tinggal Rp3 triliun yang kita harapkan bisa diterima dalam waktu dekat," kata Donny dalam webinar, Senin, 8 Maret 2021.

    Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur pernah mengatakan dalam rangka pembebasan lahan proyek strategis nasional (PSN) jalan tol sejak 2016 hingga 2020, perseroan telah mengeluarkan dana Rp27 triliun sebagai talangan. Dari jumlah tersebut Rp22 triliun telah dibayarkan hingga pertengahan  2020.

    Adapun sisa nominal Rp5 triliun terdiri dari piutang 2016 sebesar Rp112 miliar. Kemudian sisa yang belum dibayarkan pada 2017 sebesar Rp489 miliar, pada 2018 sebesar Rp595 miliar, 2020 sebesar Rp2,52 triliun, dan 2020 Rp307 miliar.

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pemerintah saat ini memiliki anggaran senilai Rp27 triliun untuk melakukan pembebasan lahan sejumlah proyek tol di wilayah Jawa dan Sumatra.

    Meski sudah ada anggaran pembebasan lahan sebesar itu, Luhut menyebut prosesnya tetap sesuai dengan aturan yang berlaku dan pihaknya meminta agar hal itu benar-benar diperhatikan di lapangan.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id