RUU Ciptaker Dianggap Mempermudah Permodalan UMKM

    M Sholahadhin Azhar - 01 Juli 2020 16:38 WIB
    RUU Ciptaker Dianggap Mempermudah Permodalan UMKM
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) disebut memudahkan permodalan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebab akses permodalan dipermudah.

    "RUU Ciptaker akan memberikan perlindungan yang lebih kepada UMKM dan koperasi. Karena semuanya ada dikelola oleh pusat," ujar Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah, saat dihubungi, Rabu, 1 Juli 2020.

    Pengelolaan pusat, kata dia, mengikis hambatan permodalan UMKM. Trubus menyebut banyak batu sandungan pemberian modal bagi usaha kecil yang bersifat sektoral.

    "Karena ini kan persoalannya pinjaman. Misalnya mau modal, UMKM itu kan terkendala aturan bank yang lebih sektoral," ujar dia.

    Dukungan pusat ini disebut Trubus, akan mempercepat pertumbuhan UMKM. Proses berusaha UMKM juga dipermudah karena RUU Ciptaker merangkum berbagai peraturan yang selama ini menghambat.

    Baca: RUU Ciptaker Dijamin Jadi Karpet Merah untuk UMKM

    Dia memerinci aturan yang menghambat. Misalnya saat UMKM di satu daerah hendak membuka cabang di daerah lain. Pelaku akan terhambat dengan proses berbelit dari birokrasi di daerah lain.

    Trubus mendukung RUU Ciptaker segera disahkan. Sebab UMKM merupakan garda terdepan perekonomian bangsa.

    Artinya, kata dia, jika UMKM mudah berkembang maka lapangan pekerjaan semakin luas. "Memang tujuan sebenarnya RUU Ciptaker ini lebih mengarah ke bagaimana peluang dalam soal pekerjaan itu, artinya lowongan pekerjaan," ujar dia.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id